Indonesia Positif

Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar: Semangat Persaudaraan dan Kreativitas Generasi Muda

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:37 | 8.70k
Salah satu kegiatan lomba di acara Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar Tahun 2024 yang diadakan di SMPN 3 Karanganyar, Sabtu (27/4/2024). (foto: Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar)
Salah satu kegiatan lomba di acara Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar Tahun 2024 yang diadakan di SMPN 3 Karanganyar, Sabtu (27/4/2024). (foto: Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar)

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Sebanyak 504 Pramuka Siaga dari berbagai Kwaran di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah berkumpul dengan penuh semangat dalam Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar Tahun 2024 yang diadakan di SMPN 3 Karanganyar, Sabtu (27/4/2024).

Acara ini dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Zulfikar Hadidh, mewakili Penjabat Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Timotius Suryadi melalui Zulfikar Hadidh menyampaikan harapannya agar Pesta Siaga menjadi wadah bagi Pramuka Siaga untuk memperkuat persaudaraan, menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Melalui kegiatan ini, diharapkan lahir generasi unggul yang memiliki karakter positif, kuat, jujur, rela berkorban untuk bangsa dan negara, bertaqwa, disiplin, dan sportif.

Pesta Siaga tahun ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan, salah satunya Tari Bambangan Cakil yang dibawakan oleh adik-adik Pramuka SLB Negeri Karanganyar. Penampilan tarian yang luar biasa ini mendapatkan apresiasi meriah dari para peserta dan undangan.

Ketua Pelaksana Pesta Siaga 2024, Wahono, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Pramuka golongan siaga yang berprestasi di pesta siaga tingkat ranting dan memberikan wadah bagi Pramuka siaga Karanganyar untuk berkreasi dan berbagi.

“Pesta siaga diikuti 63 barung, 31 barung putra dan 32 barung putri, dengan total peserta 504 siaga dan 65 pendamping. Kegiatan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu kegiatan umum, spiritual, emosional, ketangkasan, dan keterampilan,” ungkap Wahono.

Wahono menambahkan, Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar 2024 bukan hanya tentang perlombaan dan kemenangan, tetapi juga tentang memperkuat persaudaraan, meningkatkan semangat juang, dan menumbuhkan jiwa patriotisme di kalangan Pramuka Siaga. Melalui kegiatan ini, diharapkan mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter positif.

Salah satu peserta dari kontingen Kwaran Mojogedang, Rafanda, mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti Pesta Siaga. “Saya sangat senang sekali bisa mengikuti pesta siaga ini karena saya bisa mendapatkan pengalaman baru dan mendapatkan teman baru,” ungkapnya.

Pesta Siaga Kwarcab Karanganyar 2024 ini merupakan ajang bagi Pramuka Siaga untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas mereka. Melalui kegiatan ini, diharapkan mereka dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter positif.

Setelah melalui berbagai perlombaan dan penilaian, dua barung putra dan dua barung putri terpilih untuk mewakili Kwarcab Karanganyar maju ke tingkat Kwartir Daerah Regional Binwil Surakarta dan Binwil Kedu yang akan digelar di Klaten pada 25 Mei mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES