Indonesia Positif

PT Sasa Inti Gandeng Suryanesia untuk PLTS Atap demi Sumber Pangan Berkelanjutan

Rabu, 08 Mei 2024 - 19:51 | 10.24k
Peresmian instalasi PLTS Atap yang terpasang di pabrik Sasa di Probolinggo, Jawa Timur oleh Presiden Direktur PT Sasa Inti Dr Rudolf Tjandra, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, dan Founder & CEO Suryanesia Rheza Adhihusada. (FOTO: Dok Suryanesia fo
Peresmian instalasi PLTS Atap yang terpasang di pabrik Sasa di Probolinggo, Jawa Timur oleh Presiden Direktur PT Sasa Inti Dr Rudolf Tjandra, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, dan Founder & CEO Suryanesia Rheza Adhihusada. (FOTO: Dok Suryanesia fo

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Sasa Inti (Sasa), sebagai perusahaan makanan dan bumbu masak terkemuka di Indonesia sejak 1968, meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang terpasang di pabrik Probolinggo, Jawa Timur, dengan kapasitas 503,125 kWp.

Pemasangan PLTS atap ini berkolaborasi bersama Suryanesia, perusahaan yang menawarkan solusi Solar as a Service bagi pelaku bisnis di Indonesia.

PT-Sasa-2.jpgPresiden Direktur PT Sasa Inti, Dr. Rudolf Tjandra, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, dan Founder & CEO Suryanesia Rheza Adhihusada. (FOTO: Dok Suryanesia for TIMES Indonesia) 

Penggunaan energi hijau ini merupakan salah satu upaya PT Sasa Inti untuk menjadikan keberlanjutan sebagai komponen penting dari budaya perusahaan, dan terus menjalankan bisnis yang bertanggung jawab atas dampak lingkungan dan sosial.

Instalasi PLTS atap ini juga menjadi bukti komitmen PT Sasa Inti untuk menciptakan sumber pangan yang berkelanjutan dalam penerapan kebijakan ESG (Environmental, Social, and Governance) yang baik.

Melalui PLTS Atap ini, setiap tahunnya PT Sasa Inti dapat menghasilkan energi bersih sebesar 810.147 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 634 tonne CO2e. Peresmian ini juga turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, S.sos, M.Si, Presiden Direktur PT Sasa Inti, Dr. Rudolf Tjandra, Direktur PT Sasa Inti, Juli Indrawati dan Founder & CEO Suryanesia, Rheza Adhihusada.

Presiden Direktur PT Sasa Inti, Dr. Rudolf Tjandra, mengatakan, pembangunan berkelanjutan telah menjadi landasan utama bagi PT Sasa Inti dalam mengelola bisnisnya.

Menurutnya, dengan memahami pentingnya keberlanjutan bagi masa depan planet ini, PT Sasa Inti telah mengambil langkah-langkah nyata untuk meminimalkan dampak lingkungan dan memperkuat dampak positifnya terhadap masyarakat, salah satunya dengan pemasangan PLTS atap.

“Kami mempercayai Suryanesia untuk membantu kami dalam proyek PLTS atap ini karena Suryanesia dapat menyediakan layanan dan kualitas pekerjaan yang baik, termasuk melalui pelaksanaan pekerjaan yang patuh akan praktik keselamatan dan kesehatan kerja yang baik serta dengan memperhitungkan kemampuan struktur bangunan sebelum melakukan instalasi PLTS atap,” ucap Dr. Rudolf Tjandra dalam keterangan persnya kepada TIMES Indonesia pada Rabu (8/5/2024). 

Layanan yang ditawarkan Suryanesia kepada pemilik bangunan komersial dan industri bersifat end-to-end, yang mencakup desain, studi kelayakan, kajian struktural, perizinan, instalasi sistem panel surya sampai pengoperasian dan pemeliharaan secara berkala pasca instalasi.

Suryanesia juga akan menanggung seluruh biaya investasi awal instalasi PLTS atap, sehingga pelanggan hanya membayar biaya sewa setiap bulannya sekaligus menikmati penghematan biaya listrik.

Founder & CEO Suryanesia, Rheza Adhihusada mengatakan pihaknya merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan PT Sasa Inti kepadanya untuk menjadi bagian dari inisiatif perusahaan dalam menciptakan sumber pangan yang berkelanjutan.

“Setelah peresmian hari ini, kami berkomitmen untuk tetap menyediakan layanan terbaik serta mengoptimalkan kinerja sistem selama masa operasional,” ungkapnya. 

“Harapan kami, langkah yang diambil oleh PT Sasa Inti dapat mendorong pelaku industri lainnya untuk bersama-sama menggunakan energi terbarukan demi terciptanya bumi yang lebih lestari dan berkelanjutan,” tandasnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES