Indonesia Positif

Mahasiswa STIKI Malang Segera Mengikuti Studi Internasional Kembali

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:05 | 7.99k

TIMESINDONESIA, MALANG – International Credit Transfer (ICT) merupakan program unggulan yang diselenggarakan oleh Unit Kemitraan Global STIKI Malang. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa STIKI Malang untuk meraih pengalaman studi di mitra-mitra internasional terbaik yang telah ditetapkan oleh lembaga.

Dengan mengikuti program ICT, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia internasional, serta memperluas jaringan dan pengetahuan di luar negeri. Program ini menjadi salah satu upaya STIKI Malang dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi individu yang kompeten dan siap bersaing di tingkat global.

Proses persiapan untuk kegiatan ICT telah melibatkan beberapa tahapan utama. Pertama-tama, seleksi internal dilakukan melalui Kerjasama Kemitraan Global dan Penilaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa yang lolos seleksi mengikuti persiapan Tes Bahasa Inggris (TOEFL) yang meliputi 10 kali pertemuan untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan bahasa asing yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah itu, mereka menjalani Tes TOEFL sebagai bagian dari persyaratan penerimaan.

Selain persiapan akademik, mahasiswa juga mengikuti dua kali acara Cross Cultural dengan mitra internasional STIKI Malang, yakni Universiti Teknologi MARA, Malaysia dan Dayeh University, Taiwan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka secara kultural dalam menghadapi lingkungan baru di luar negeri.

Persiapan kesiapan bagi penerima dan penyedia layanan ICT ini memiliki arti yang sangat penting. Selain menyiapkan nilai akademis, persiapan mental juga menjadi fokus utama, karena melalui serangkaian seleksi ini diharapkan STIKI Malang dapat mengirimkan kandidat terbaiknya, sehingga dapat meningkatkan citra lembaga dan negara di mata internasional.

Untuk memastikan kelancaran dan efektivitas persiapan kegiatan ini, setiap tahapan yang dilakukan oleh Unit Kemitraan Global dipantau secara langsung oleh asisten dan koordinator yang bertugas. Selain itu, laporan rutin juga disusun untuk memastikan semua proses berjalan sesuai dengan rencana.

Unit Kemitraan Global akan mengukur keberhasilan dari persiapan kegiatan ICT dan kegiatan pendukung yang diselenggarakan dengan menilai kemampuan mahasiswa dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan serta melalui pengajuan proposal hibah yang tepat waktu dan berhasil lolos hibah. Dengan demikian, STIKI Malang berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di tingkat internasional.

STIKI memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi berbagai aktivitas kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis maupun non akademis. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang ICT, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. Informasi kegiatan di STIKI Malang, silahkan mengunjungi website www.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES