Indonesia Positif

Fadel Muhammad: Daerah yang Kuat Harus Memiliki Paradigma Collaborative Governance

Jumat, 10 Mei 2024 - 17:04 | 10.40k
Fadel Muhammad, saat menyampaikan sambutannya di acara Halalbihalal Himpunan Warga Gorontalo (HWG) dan Ikasmansa, di Graha Pindad, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/5/2024).
Fadel Muhammad, saat menyampaikan sambutannya di acara Halalbihalal Himpunan Warga Gorontalo (HWG) dan Ikasmansa, di Graha Pindad, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/5/2024).

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa untuk membentuk daerah yang kuat dan mampu memaksimalkan potensi kekayaan lokalnya, pemerintahnya harus memiliki paradigma collaborative governance dengan berorientasi kepada entrepreneurial governance.

"Ini adalah paradigma baru di dunia, yang menurut saya sangat baik dan berdampak positif buat percepatan pembangunan di daerah jika diimplementasikan," ujar Fadel Muhammad, saat menyampaikan sambutannya di acara Halalbihalal Himpunan Warga Gorontalo (HWG) dan Ikasmansa, di Graha Pindad, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/5/2024).

Pemikiran mewujudkan paradigma tersebut dilontarkan Fadel Muhammad, usai dirinya dipastikan terpilih kembali menjadi anggota DPD RI periode 2024-2029 dalam kontestasi Pemilihan Anggota DPD RI Provinsi Gorontalo pada Pemilu 2024, dengan berhasil meraih suara tertinggi hasil rekapitulasi suara KPU Provinsi Gorontalo  yakni, 242.732 suara, 
dengan presentase 32,60 persen.

"Di periode mendatang, saya akan berupaya lebih maksimal mewujudkan Gorontalo menjadi daerah yang kuat dan mampu mensejahterakan rakyatnya.  Salah satu keinginan saya dengan mewujudkan paradigma itu," jelas mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini.

Namun, Fadel Muhammad mengingatkan paradigma collaborative governance sebagai sebuah strategi baru dalam tata kelola pemerintahan, akan berhasil dengan sempurna, jika para pemangku kebijakan daerah bisa berkumpul mensinergikan visi dan misi,  untuk membuat sebuah konsensus bersama.

"Saat ini, saya mendengar banyak tokoh daerah Gorontalo menjadi pembicaraan karena berpotensi memegang berbagai jabatan tinggi nasional.  Itu bagus menurut saya, karena memang banyak sekali tokoh yang berpotensi," ujarnya.

Satu lagi yang menjadi tantangan buat masyarakat Gorontalo adalah memilih pemangku jabatan eksekutif seperti Gubernur.  Gubernur adalah satu elemen utama yang sangat menentukan perwujudan paradigma yang disampaikan Fadel Muhammad tersebut.

"Makanya saya ingatkan kepada rakyat Gorontalo, sebentar lagi akan tiba pemilihan. Gubernur dalam ajang kontestasi Pilkada 2024. Saya harap hati-hati dalam memilih. Pilihlah yang memiliki latar belakang bagus dan dikenal sangat memperhatikan rakyat. Saya sendiri banyak memantau siapa-siapa saja tokoh daerah yang layak dan memiliki kapabilitas tinggi menjadi Gubernur. Saya berharap para tokoh daerah dan tokoh nasional asal Gorontalo, jangan ragu bangkit maju ke depan untuk kemajuan bersama," terang Fadel Muhammad.

Acara Halalbihalal yang dihadiri ratusan warga Gorontalo di Bandung dan Jakarta ini sendiri berlangsung lancar.  Turut hadir antara lain, Direktur Utama Pindad Abraham Mose, Ketua HWG Faroukh Sunge dan Ketua Ikasmansa Agus Makarou, (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES