Indonesia Positif

Koperasi Kan Jabung Syariah Jawa Timur dan Agriterra Menggelar Pelatihan Kepemudaan

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:08 | 19.49k
Foto latihan penyusunan program pada sesi pelatihan kepemudaan bersama narasumber Susan Dijkshoorn (agripooler Agritera). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Foto latihan penyusunan program pada sesi pelatihan kepemudaan bersama narasumber Susan Dijkshoorn (agripooler Agritera). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Koperasi KAN Jabung terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anggotanya dengan menggelar pelatihan kepemudaan yang diadakan dari tanggal 6 hingga 8 Mei. Sebanyak empat anggota peternak dan petani muda dari Kan Jabung mengikuti pelatihan ini, yang diselenggarakan oleh NGO Agriterra bersama tiga koperasi pertanian dari Kalimantan dan Sulawesi. Acara ini berlangsung di Hotel Ozone Jakarta Utara, dihadiri oleh total 20 peserta yang terdiri dari empat anggota dan satu pendamping dari setiap koperasi.

pelatihan-penyusunan-program.jpg

Workshop ini menawarkan pendekatan partisipatif di mana peserta dan pendamping secara aktif terlibat dalam diskusi, memungkinkan mereka untuk berbagi ide dan pengalaman sebagai pemuda yang akan meneruskan peran dalam koperasi. Agriterra juga menghadirkan para ahli dari Belanda, seperti Susan Dijkshoorn, seorang peternak dan agripooler Agriterra, serta Fristian Campina, seorang aktivis kepemudaan. Susan Dijkshoorn sebagai narasumber utama menyatakan bahwa fokus pelatihan adalah mempersiapkan pemuda koperasi agar dapat memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan koperasi di masa depan.

KAN-Jabung.jpg

Pada akhir sesi, peserta diminta untuk membuat rencana aksi pasca-pelatihan yang berfokus pada masalah yang mempengaruhi perkembangan koperasi dari sudut pandang anggota peternak dan petani muda Kan Jabung. Salah satu proyek yang dipilih oleh perwakilan Kan Jabung adalah penanganan limbah ternak sapi perah, yang telah lama menjadi permasalahan lingkungan. Mereka berharap agar masalah ini dapat diatasi secara mandiri oleh para peternak muda anggota KAN Jabung.

Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan pemuda dalam koperasi, tetapi juga memberikan solusi konkret untuk permasalahan yang dihadapi oleh anggota koperasi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES