Indonesia Positif

Hadir di UNIPMA Madiun, Rocky Gerung Bahas Polemik Ketidakpastian Sistem Pendidikan Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 - 10:34 | 13.78k
Rocky Gerung saat mengisi acara Forum Akal Sehat di Graha UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 
Rocky Gerung saat mengisi acara Forum Akal Sehat di Graha UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, MADIUN – Rangkaian kegiatan dies natalis ke -49 UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar acara Forum Akal Sehat dengan tema “Polemik Ketidakpastian Sistem Pendidikan di Indonesia, Haruskah Ganti Menteri Ganti Kurikulum?”. Acara tersebut mengundang Rocky Gerung, Ahli Filsafat dan Pengamat Politik terkemuka bersama Prof. Parji, M.Pd. (Guru besar UNIPMA) di Gedung Graha Cedekia UNIPMA Madiun pada Selasa malam (7/5/2024). 

Dalam forum tersebut, Rocky Gerung menyoroti polemik yang tengah mengemuka terkait ketidakpastian dalam sistem pendidikan Indonesia. Dengan tema yang berfokus pada perdebatan seputar perlunya pergantian menteri dan kurikulum, Rocky Gerung memberikan pandangannya yang tajam dan kritis.

Prof.-Parji.jpgProf. Parji saat mengisi acara Forum Akal Sehat di Graha UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 

"Mahasiswa membuat skripsi, tesis, disertasi. Namun, hasil karya itu disimpan di perpustakaan. Karya yang sangat "berat" fisiknya, tapi tidak diaplikasikan dalam kenyataan," papar Rocky Gerung. 

Dalam pandangannya, Rocky Gerung menyatakan bahwa masalah utama dalam sistem pendidikan bukanlah pada kurikulum, tetapi implementasinya. "Kurikulum bisa saja berganti, tapi jika tidak ada perubahan dalam pendekatan pengajaran dan penilaian, maka perubahan itu tidak akan berdampak signifikan. Apalagi kita harus siap dengan AI (Artificial Intelligent)," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Prof. Parji mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, sistem pendidikan saat ini mengalami krisis yang serius yang memerlukan perubahan. 

Forum-Akal-Sehat.jpgSuasana Forum Akal Sehat di Graha UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

Forum yang dimoderatori oleh Dikki Akhmar, Ketua Forum Diskusi Akal Sehat Indonesia tersebut dibuka untuk umum. Banyak peserta dalam forum akal sehat tersebut menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia. Banyak yang hadir dalam forum tersebut adalah seorang guru. 

Tidak sedikit guru yang merasakan begitu bingungnya pergantian kurikulum dari sebelum pandemi, saat pandemi, dan pasca pandemi. Mulai dari Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat dan saat ini Kurikulum Merdeka Belajar. 

Hal ini yang menjadi pembahasan utama di Unipma Madiun dalam forum yang diisi oleh Rocky Gerung dan Prof. Parji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES