Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Sepeda Statis Penghasil Energi dengan Kontrol Torsi Berbasis Artificial Intelligent

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:32 | 39.39k
Tim PKM-KC mahasiswa Teknik Elektro Unisma Malang lolos pendanaan PKM 2024 Dirjen Belmawa Kemendikbudristek. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Tim PKM-KC mahasiswa Teknik Elektro Unisma Malang lolos pendanaan PKM 2024 Dirjen Belmawa Kemendikbudristek. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Unisma Malang dinyatakan lolos dan meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun pendanaan 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeneterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Belmawa Kemendikbudristek).

Dengan usaha yang telah diberikan oleh tim bimbingan dari Efendi S Wirateruna S.T., Ms.C., dosen Prodi Teknik Elektro Universitas Islam Malang, tim yang beranggotakan tiga mahasiswa (Angguh Prastoko, Ahmad Viki Adi Saputra, dan Nevlin Ferdinand Suharya Wangga) telah mengusulkan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC).

Pada tahun ini, untuk kedua kalinya, tim PKM-KC yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Teknik Elektro lolos pendanaan PKM Karsa Cipta setelah pada tahun sebelumnya juga lolos pendanaan dengan mengusung topik pengembangan Sepeda Statis Beralgoritma PID.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

PKM-KC-jpg.jpg

Tim PKM-KC Berusaha untuk mengembangkan prototype yang sebelumnya sudah lolos pendanaan. Penelitian ini merupakan pengembangan dari prototype sebelumnya yang dimana kami berusaha untuk mengembangkan teknologi ini agar kedepannya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dimasa depan.

Konsep dari Sepeda Statis ini adalah mengembangkan dan mengubah algoritma yang ada sehingga lebih efisien sehingga mahasiswa yang akan melanjutkan penelitian ini akan menambahkan fitur fitur yang ada dan kami juga mengubah desain dari prototype sebelumnya menjadi sedikit lebih  modern.

Subjek uji coba dari penerapan teknologi ini adalah dimana pengguna bisa berolahraga sekaligus menciptakan energi listrik alternatif untuk dimanfaatkan untuk menanggulagi keterbatasan energi listrik. Oleh karena itu, tim PKM-KC berharap prototype yang sedang dikembangkan ini dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan keterbatasan energi listrik untuk kedepannya.

Efendi S Wirateruna S.T., M.Sc., selaku dosen pendamping PKM-KC sekaligus dosen Program Studi Teknik Elektro Universitas Islam Malang senantiasa memberikan motivasi, dukungan, dan bimbingan terhadap tim PKM. Harapannya, setelah selesainya pengembangan prototipe ini, tim PKM-KC dapat melanjutkan proses ke tahap berikutnya, yaitu mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam ajang bergengsi dari seleuruh mahasiswa di Indonesia yaitu, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES