Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Bangun Jiwa Kepemimpinan, Koperasi Mahasiswa “Ilham Ramadhan” Unisma Malang Gelar Diklat

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:36 | 6.73k
Anggota UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma Malang usai melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Menengah Koperasi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Anggota UKM Kopma Ilham Ramadhan Unisma Malang usai melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Menengah Koperasi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kopeprasi Mahasiswa Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang gelar Pendidikan dan Pelatihan Menengah Koperasi yang mengangkat tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Tegas, Bertanggungjawab, Berkarakter dan Loyal Dalam Berorganisasi” Sabtu (4/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan anggota Kopma Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang yang akan menjadi penerus koperasi yang berwawasan tinggi mengenai koperasi, untuk berjiwa pemimpin yang tegas, bertanggungjawab, berkarakter dan loyal dalam berorganisasi. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kerja sama antar sesama anggota koperasi untuk bersama-sama mengembangkan dan memajukan Kopma Ilham Ramadhan di masa yang akan datang.

Pendidikan dan Pelatihan Menengah Koperasi dilaksanakan secara online pada google meet dan dihadiri oleh kurang lebih 25 peserta.Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang dimana kami melakukan pengajuan peminjaman tempat yang kurang sesuai jadwal/terlambat dan terkendalanya pemateri yang dimana opsi awal pemateri tidak bisa mengisi acara dan dialihkan ke pemateri yang lain.

Meski demikian acara tetap berlangsung secara online dengan peserta yang tetap hadir secara offline di gedung ukm Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan Unisma.

Materi yang diangkat pada sesi pertama dalam kegiatan ini adalah materi Pemahaman Manajemen Koperasi yang disampaikan langsung oleh Bagus Pambudi, S. Sos, M. Si., selaku pembina Diskopindag Kota Malang.

Selanjutnya, materi yang kedua tentang Penyusunan RK-RAPBK yang disampaikan oleh Dodik Yunarwanto, S. E., M. M., selaku Bendahara Koperasi Primer KUD Pakis. Kemudian, pada sesi terakhir UKM KOPMA melanjutkan acara DIKMENKOP, dimana pada kesempatan kali ini mengundang pemateri internal dari Pengurus KOPMA Ilham Ramadhan yaitu dari Bidang ADMUM Koperasi Mahasiswa Ilham Ramadhan Unisma tentang Simulasi Rapat Kerja Anggota Koperasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Seluruh pemateri yang luar biasa ini menyampaikan materi secara interaktif begitu juga peserta yang tetap kondusif dan sangat antusias dalam mengikuti segala proses kegiatan, dari mulai penyampaian materi, aktif dalam sesi tanya jawab, hingga pemberian tugas di akhir kegiatan.

Adanya Pendidikan dan Pelatihan Diklat Menengah adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh koperasi Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang yang juga menjadi hak dan kewajiban bagi anggota koperasi, dengan terlaksananya pendidikan dan pelatihan tersebut dapat menjadikan sumber daya manusia koperasi yang profesional dan siap dalam mengelola koperasi dengan baik.

UKM KOPMA secara konsisten memberikan pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan generasi muda koperasi yang unggul yang berkompeten dan bersinergi dalam perkembangan pengelolaan koperasi ke depannya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Dwi Novia Sari, Staff Divisi Inventaris dan Kerumahtanggaan Bidang Admum Kopma Ilham Ramadhan Universitas Islam Malang (UNISMA).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES