Indonesia Positif

Satu-Satunya di Jombang dan Terakreditasi "Baik Sekali", Berikut Tentang Prodi Pendidikan Fisika Unwaha Jombang

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:48 | 13.77k
Ilustrasi Akreditasi Prodi Pendidikan Fisika Unwaha Jombang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ilustrasi Akreditasi Prodi Pendidikan Fisika Unwaha Jombang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi merupakan impian bagi semua orang untuk menggapai cita-cita. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha Jombang) merupakan penyelenggara pendidikan tinggi yang memiliki banyak pilihan program studi (Prodi), salah satunya adalah Pendidikan Fisika. 

Ketua Prodi Pendidikan Fisika, Suci Prihatiningtyas, M.Pd. mengatakan, para mahasiswa akan diberikan sistem pembelajaran yang ditekankan pada perpaduan ilmu fisika dan ilmu pendidikan. Berdasarkan hal ini, maka terdapat dua keterampilan yang akan diperoleh oleh mahasiswa.

"Pertama adalah keterampilan umum, mahasiswa mampu melakukan penalaran secara logis dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan bidang pendidikan fisika. Kedua adalah keterampilan khusus, di mana mahasiswa mampu melakukan manajemen pembelajaran fisika dengan memanfaatkan sumber belajar terkini," ungkapnya.

Tentang, Mata Kuliah, dan Profil Lulusan

Sebelum memilih jurusan ini, kalian harus memastikan terlebih dahulu terkait minat dan ketertarikan besar di bidang Sains. Pasalnya, keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan selama proses perkuliahan berkaitan dengan bidang serumpun (Sains) meliputi, Kimia, Biologi, dan Aplikasi IPTEKS (TIK dan Media).

Jika masih bingung dengan program studi yang satu ini, Suci Prihatiningtyas, M.Pd., merincikan beberapa mata kuliah yang akan diajarkan berdasarkan jenis kajian.

  • Kajian Ilmu Fisika; Fisika Dasar I , II, & III, Kalkulus I & II, Kimia Dasar, Biologi Dasar, Fisika Matematika I & II, Gelombang & Optik, dan lain sebagainya.
  • Kajian Ilmu Pendidikan; Pengantar Ilmu Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar, Profesi Pendidikan.
  • Pembelajaran Fisika; Fisika Sekolah I & II, Pengembangan Media Pembelajaran, Perencanaan Desain pembelajaran, Keterampilan Dasar Mengajar.

Selanjutnya, Ketua Prodi Pendidikan Fisika juga mengungkapkan beberapa prospek karir para lulusan dari Prodi ini. Seperti pendidik fisika, di mana lulusan mampu mengkaji dan menerapkan metode pembelajaran inovatif. Mampu membimbing siswa dengan memberikan pijakan, alternatif solusi, dan feedback untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

"Kemudian pengembang bahan ajar fisika, para sarjana dinilai mampu mengambil keputusan strategis mengenai mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan. Selain itu, lulusan mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan berbagai metoda penelitian," seru Kaprodi Pendidikan Fisika tersebut.

setifikat.jpg

Terakreditasi Baik Sekali

Baru-baru ini, salah satu Prodi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unwaha Jombang tersebut diganjar akreditasi "Baik Sekali" oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Keputusan ini tertuang dalam SK. No.205/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024.

Dekan FIP,  M. Farid Nasrulloh, M.Pd. mengatakan, jika Prodi Pendidikan Fisika merupakan satu-satunya yang ada di Jombang. Dengan dinyatakan telah terakreditasi Baik Sekali, ini menunjukkan bahwa Prodi telah memenuhi standar kualitas pendidikan tinggi yang telah ditetapkan oleh lembaga akreditasi.

Selain pengakuan kualitas pendidikan, implikasi lainnya yaitu lulusan dari Prodi Pendidikan Fisika memiliki peluang yang lebih baik dalam dunia kerja nantinya.

"Harapan kami kedepan adalah semakin banyak calon mahasiswa yang bergabung dengan Prodi Pendidikan Fisika, sehingga calon mahasiswa yang memiliki minat kuliah di jurusan Fisika tidak usah jauh-jauh ke luar Jombang. Kemudian, kami akan terus berproses memperbaiki kualitas pendidikan agar menjadi Prodi yang unggul," harapnya.

Senada dengan pernyataan Dekan FIP tersebut, Ketua Prodi Pendidikan Fisika, Suci Prihatiningtyas, M.Pd. mengatakan, langkah kedepannya yaitu menjadikan Prodi Pendidikan Fisika berakreditasi unggul dan menjadi salah satu Prodi terfavorit di Unwaha Jombang.

"Ini belum capaian akhir bagi Prodi, kita akan terus berusaha dalam merawat dan membuktikan keunggulan yang kita miliki. Sehingga Prodi Pendidikan Fisika menjadi salah satu etalase pendidikan yang dimiliki Unwaha dalam menciptakan SDM unggul, inovatif, dan juga berakhlakul karimah" ungkap Suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES