Indonesia Positif

Meutya Hafid: “Ayo UMKM, Jadilah Pemain Utama di Era Digital”

Jumat, 26 April 2024 - 20:26 | 1.46k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah arus globalisasi dan revolusi teknologi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kesempatan besar untuk memainkan peran utama dalam perekonomian digital. Meutya Viada Hafid, Ketua Komisi I DPR RI, menekankan bahwa kolaborasi dengan teknologi digital bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan yang tidak dapat dihindari agar UMKM dapat bertahan dan berkembang di era digital ini.

“Berkolaborasi dengan teknologi digital bukan sekadar pilihan, namun kini menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari bagi UMKM agar dapat bertahan dan berkembang dalam era digital ini,” ucap Meutya Hafid dalam webinar Forum Literasi Digital bertajuk “UMKM Berdaya dengan Digitalisasi”.

Meutya Viada Hafid menambahkan bahwa salah satu cara bagi UMKM untuk menjadi pemain utama di era digital adalah dengan meningkatkan keterlibatan dan keterampilan dalam memanfaatkan digitalisasi. “Melalui media sosial dan platform e-commerce, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih besar tanpa terbatas oleh batasan geografis. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan secara signifikan,” ujarnya pada 26 April 2024.

Namun, Meutya juga menekankan bahwa keberhasilan dalam berkolaborasi dengan teknologi dan berdaya dengan digitalisasi membutuhkan kemauan dan komitmen UMKM untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan dalam mengoperasikan teknologi.

Pelaku UMKM, Gita Sari Sakinah, Owner Produksi Alat-Alat Pengantin Tradisional, menyatakan bahwa peningkatan aksesibilitas internet di seluruh pelosok membuka peluang bagi bisnis lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas secara online. “Ketika sudah dapat mengakses internet, gunakanlah platform e-commerce dan media sosial untuk membantu bisnis lokal kita meningkatkan visibilitas online dan mencapai pelanggan potensial baru,” katanya.

“Wirausaha bukanlah tentang mencari pekerjaan, tetapi tentang menciptakan peluang. Jangan tunggu peluang datang, tetapi ciptakanlah sendiri,” tambah Gita Sari Sakinah.

Erlani Ecin Ambarsari, Owner RAFI Ñ FAIZ Cake & Catering, setuju dengan pendapat tersebut. Ia menekankan bahwa digitalisasi memudahkan UMKM untuk memasarkan produk, berinteraksi dengan pelanggan, dan melakukan transaksi secara online. “Hal ini sangat penting karena semakin banyak konsumen yang beralih ke pembelian secara online, terutama di saat masa pandemi hingga sekarang yang jumlahnya terus meningkat,” ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang webinar dan topik seputar digitalisasi UMKM, kunjungi situs resmi Kominfo atau pantau media sosial terkait.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES