Indonesia Positif

UNIPMA Sosialisasikan Program MBKM Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri

Kamis, 16 Mei 2024 - 16:09 | 8.40k
Pemateri sosialisasi program pertukaran luar negeri dan dalam negeri, Brigitta Septarini, M.Pd. dan Liya Atika Aggrasari, M.Pd. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 
Pemateri sosialisasi program pertukaran luar negeri dan dalam negeri, Brigitta Septarini, M.Pd. dan Liya Atika Aggrasari, M.Pd. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, MADIUN – Biro Kerjasama dan Humas UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar acara sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka perihal program pertukaran mahasiswa dalam dan luar negeri (ICT, PMM, SEA-TEACHER, SEA-TVET, IISMA) di ruang pertemuan Laboratorium Terpadu UNIPMA Madiun pada Selasa (14/5/2024). 

Selama ini, UNIPMA Madiun telah memiliki beberapa kerja sama dengan universitas di luar negeri, dan salah satu bidang kerja samanya adalah pertukaran pelajar.

Daffa-Mahendra.jpgDaffa Mahendra mahasiswa program ICT di ISATU, Filipina. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia) 

Dalam kegiatan ini pemateri program pertukaran luar negeri disampaikan oleh Brigitta Septarini, M.Pd. bersama tiga mahasiswa program ICT yaitu, Daffa Mahendra mahasiswa program ICT di ISATU, Filipina. Fitri Nur Sukmawati mahasiswa program ICT di NEUST, Filipina. Sita Susanti mahasiswa program ICT di UiTM, Malaysia. 

Sedangkan pemateri program pertukaran dalam negeri disampaikan oleh, Liya Atika Aggrasari, M.Pd. bersama dua mahasiswa PMM yaitu Lusi Dhea Agustin mahasiswa PMM Universitas Negeri Medan dan Laili Indah mahasiswa PMM Universitas Negeri Makassar. 

Program-Merdeka-Belajar.jpgPeserta sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka perihal program pertukaran mahasiswa dalam dan luar negeri. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

Daffa Mahendra, mahasiswa Program ICT, program studi pendidikan fisika UNIPMA Madiun, menceritakan pengalamannya selama berkuliah di ISATU, Filipina. Ia mengatakan bahwa berkuliah di luar negeri telah memperluas pengetahuan serta wawasannya mengenai dunia luar.

Tidak hanya Daffa, mahasiswa program PMM UNIPMA Lusi Dhea Agustin mengatakan bahwa melalui pertukaran pelajar, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman akademik, tetapi juga non akademik, mulai dari perbedaan budaya dan bahasa serta gaya hidup. 

Diharapkan kegiatan ini dapat lebih memotivasi mahasiswa UNIPMA Madiun untuk mengikuti pertukaran pelajar dalam kerangka MBKM Mandiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES