Indonesia Positif

LPPM UWG Malang Menjalin Kerjasama dengan Kelurahan Merjosari untuk Pelaksanaan KPM Semester Genap 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:42 | 10.56k

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Widyagama Malang (UWG) melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Merjosari Kota Malang.

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Silviana Hakim, ST, MT, dan Kepala Pusat Penelitian, Prof. Dr. Adya Hermawati, SE, MM, beserta staf LPPM.

Agenda utama kunjungan ini adalah penyerahan dokumen kerjasama terkait pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) semester Genap 2024 yang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang.

Setiap semester, mahasiswa UWG Malang yang mengambil program KPM melaksanakan kegiatan kuliah lapang tematik di desa atau kelurahan. Program ini bertujuan membantu masyarakat dengan memberikan bantuan alih teknologi atau pengetahuan, sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

UWG-Malang-2.jpg

Di kantor Kelurahan Merjosari, tim LPPM UWG Malang diterima langsung oleh Lurah Merjosari, Bapak Anton V. Bapak Anton, yang berasal dari Timor Leste dan telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), telah tinggal lama di Malang dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak tahun 1999. Sebelumnya, ia bertugas di unit SATPOL PP Kota Malang sebelum akhirnya menjadi Lurah Merjosari.

Anton, didampingi oleh Ketua LPMK Merjosari, Drs. Misranto, menyambut baik kedatangan tim LPPM UWG Malang. UWG menawarkan program berbasis data elektronik atau website yang sangat dibutuhkan Kelurahan Merjosari untuk pendataan warga yang lebih akurat.

Saat ini, pendataan warga penerima bantuan program PKH dari pemerintah masih belum valid. Dengan adanya program berbasis website atau aplikasi dari mahasiswa KPM UWG Malang, kelurahan akan lebih mudah melakukan verifikasi dan identifikasi data warga dari masing-masing RT dan RW.

UWG-Malang-kerjasama.jpg

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) oleh Lurah Merjosari, Anton, dan Kepala Pengabdian Masyarakat LPPM UWG Malang, Silviana Hakim.

Dengan demikian, pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat dari mahasiswa UWG Malang dipastikan akan dimulai pada bulan Juli 2024 mendatang.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi kedua belah pihak, terutama dalam meningkatkan efisiensi pendataan warga di Kelurahan Merjosari. Selain itu, program KPM ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa UWG Malang untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka pelajari di bangku kuliah secara langsung di tengah masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES