Indonesia Positif

Bisnis Pengelolaan Laundry Asal Bandung Ini Berkembang Pesat Berkat Program Pemberdayaan Perempuan

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:11 | 13.21k
Pengelolaan Laundry (Foto: Tangkapan Layar)
Pengelolaan Laundry (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberhasilan sebuah bisnis sejatinya tidak diukur dari keuntungan semata, namun juga bagaimana dampaknya terhadap aspek sosial dan kemasyarakatan.  Perusahaan pengelolaan laundry asal Bandung bernama BERANI Laundry Support System ini misalnya.  Mereka mampu membuktikan diri sebagai bisnis yang tidak hanya berkembang secara profit, namun juga menawarkan solusi bagi pemberdayaan kaum Perempuan di Indonesia.

BERANI Laundry Support System dapat disebut sebagai perusahaan yang secara konsisten melakukan pemberdayaan bagi kaum Hawa. Bisnis  yang sudah berdiri sejak 2022 ini sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Tangerang dan Yogyakarta.

CEO & Co Founder BERANI Laundry Support System, Nirwan menyatakan, sekurangnya 150 perempuan sudah dilibatkan untuk bekerja dalam bisnis laundry ini. Usia perempuan yang diberdayakan beragam dengan rentang usia 20-40 tahun mulai dari tua hingga muda. Para pekerja ini tersebar di 27 oulet yang dikelola oleh BERANI dan jumlahnya masih akan terus bertambah.   

“BERANI menyadari bahwa kontribusi pekerja perempuan dalam industri laundry memberi dampak besar bagi kesuksesan outlet kami. Tanpa disadari permberdayaan perempuan yang kami lakukan membawa dampak positif. Banyak pekerja yang terbantu karena mereka mampu berdikari dan berkontribusi untuk perekonomian keluarganya. Bahkan tak sedikit perempuan yang mampu berkembang menjadi pekerja profesional dalam bidang pelayanan,” ungkap Nirwan, Kamis (16/5/2024).

Ia menambahkan, BERANI Laundry percaya bahwa setiap kaum perempuan memiliki hak yang sama dalam mendapat pekerjaan. Data BPS  juga menunjukan bahwa partisipan pekerja untuk perempuan masih sangat minim, padahal peran kaum perempuan bisa memberikan sumbangsih besar dalam meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat.

Menurut Nirwan, industri laundry dinilai merupakan tempat yang tepat dalam memberikan peluang tersebut. Untuk itu, BERANI Laundry pun mengadakan program pemberdayaan bagi calon pekerja berupa pelatihan SOP, keselamatan kerja, hingga public speaking.

“Ini menjadi langkah yang baik untuk membangun kapabilitas setiap perempuan yang bekerja dalam industri laundry karena hari ini industri laundry terus berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat,” ujarnya

Nirwan menegaskan,  BERANI Laundry  saat ini juga telah dikembangkan menjadi tech laundry management pertama di Indonesia.  Perusahaan ini mampu menghubungkan antara para pemilik usaha laundry yang membutuhkan supply tenaga kerja dengan orang yang membutuhkan pekerjaan.

Melalui platform lokerlaundryID,  BERANI akan terus dikembangkan untuk memberi manfaat bagi para pencari kerja khususnya perempuan rentang usia 20-40 tahun.  Sumber daya manusia yang direkrut rata-rata dari kalangan ibu-ibu, dengan harapan mereka dapat memaksimalkan produktivitas dengan menyalurkan kompetensi yang dimilikinya tanpa melihat usia.

“Kami memiliki target yang besar untuk lebih banyak memberdayakan perempuan di seluruh Indonesia yang memiliki ketertarikan untuk bekerja dan membangun karier di dunia laundry,” terang Nirwan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES