Indonesia Positif

Festival Bulan Merdeka Belajar, Mahasiswa Kampus Mengajar STKIP PGRI Pacitan Unjuk Inovasi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:09 | 23.66k
Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 STKIP PGRI Pacitan tengah mengikuti pameran di Museum Mpu Tantular Sidoarjo. (FOTO: Sugiyono for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 STKIP PGRI Pacitan tengah mengikuti pameran di Museum Mpu Tantular Sidoarjo. (FOTO: Sugiyono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional, Museum Mpu Tantular Sidoarjo menyelenggarakan Festival Bulan Merdeka Belajar pada tanggal 17-19 Mei 2024. Festival ini menjadi wadah bagi para mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 STKIP PGRI Pacitan untuk memamerkan hasil karya dan inovasinya selama melaksanakan program di sekolah-sekolah sasaran di Kabupaten Pacitan.

"Pameran ini membawa dokumentasi kegiatan Kampus Mengajar angkatan 7 di Kabupaten Pacitan," ujar Dosen Pendamping Kampus Mengajar STKIP PGRI Pacitan, Chusna Apriyanti. 

Festival ini menghadirkan berbagai produk inovatif yang lahir dari kolaborasi mahasiswa dan siswa di sekolah-sekolah sasaran. Salah satu contohnya adalah media pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan minat belajar siswa. 

"Selain itu, tim juga memamerkan produk inovatif hasil kolaborasi mahasiswa dan siswa di sekolah sasaran Kampus Mengajar," terang Chusna. 

Media pembelajaran ini dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa di sekolah-sekolah sasaran, sehingga dapat membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan.

STKIP-PGRI-Pacitan-2.jpg

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa program Kampus Mengajar tidak hanya memberikan manfaat bagi para mahasiswa, tetapi juga bagi para siswa di sekolah-sekolah sasaran," ungkap Chusna. 

 "Melalui kolaborasi dan inovasi, kami berupaya untuk membawa perubahan positif di bidang pendidikan," imbuhnya. 

Lebih dari 30 Sekolah Sasaran

Program Kampus Mengajar angkatan 7 STKIP PGRI Pacitan telah menyasar sebanyak 31 sekolah di seluruh Kabupaten Pacitan. 

Sekolah-sekolah tersebut meliputi SD Negeri 3 Mangunharjo, SD Negeri 5 Petungsinarang, SD Negeri 5 Jeruk, SMP Negeri 2 Bandar, SD Negeri 2 Kalak, SMP Negeri 3 Donorojo, SD Negeri Kalipelus, SD Negeri 1 Worawari, SD Negeri 1 Jetis Lor, SD Negeri 1 Sempu, SD Negeri 2 Pakis Baru, SD Negeri 1 Mujing, SD Negeri Wiyoro, SD Negeri 2 Pagerejo, SD Negeri 1 Wonoasri, SD Negeri 1 Wonodadi Kulon, SD Negeri 1 Sirnoboyo, SD Negeri 1 Pelem, SD Negeri 1 Mantren, SD Negeri 2 Tinatar, SD Negeri 1 Klepu, SD Negeri 1 Sukorejo, SD Negeri 2 Gunungrejo, SD Negeri 2 Karangmulyo, SD Negeri 3 Ploso, SD Negeri 4 Kemuning, SD Negeri 2 Gedangan, SD Negeri 2 Losari, SD Negeri 2 Ngumbul, SD Negeri 5 Kalikuning, dan SMP Negeri 2 Tulakan.

Festival Bulan Merdeka Belajar ini merupakan wujud nyata dari semangat Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Semangat ini mendorong para mahasiswa untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi para siswa.

"Kami berharap festival ini dapat menginspirasi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk terus mendukung program Kampus Mengajar dan mendorong inovasi dalam pembelajaran," ucap Dosen STKIP PGRI Pacitan Chusna Apriyanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES