Indonesia Positif

129 PPS di Lombok Utara Dilantik dan Jalani Sumpah Janji

Minggu, 26 Mei 2024 - 20:27 | 12.72k
Ketua KPU Lombok Utara, Nizamudin melantik dan mengambil sumpah janji 129 PPS. (HERY MAHARDIKA/TIMES INDONESIA)
Ketua KPU Lombok Utara, Nizamudin melantik dan mengambil sumpah janji 129 PPS. (HERY MAHARDIKA/TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, LOMBOK – Sebanyak 129 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Lombok Utara dilantik dan diambil sumpah janji. Prosesi pelantikan berlangsung di Gili Gaya Gallery Pemenang, Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Lombok Utara, Nizamudin menyampaikan selamat kepada 129 PPS sudah dilantik dan diambil sumpah janji setelah melalui rangkaian proses tahapan seleksi. 

"Pengucapan sumpah janji menjadi saksi antara diri masing-masing dengan Tuhan yang Maha Esa," ucapnya. 

Atas pelantikan ini tentu menjadi kebahagian tersendiri setelah melalui proses seleksi mulai dari pemeriksaan administrasi, dan wawancara yang dilakukan secara ketat.

"Jumlah PPS yang kita lantik diambil tiga orang per desa dari 43 desa se-Lombok Utara," terangnya.

KPU-Lombok-Utara-b.jpg

Tugas dan fungsi PPS akan menyelenggarakan tahapan seluruh rangkaian Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

"Setelah pelantikan ini, silahkan kawan-kawan PPS mempelajari kembali tugas dan fungsi. Kesuksesan pilkada tergantung dari pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut," imbuhnya komisioner dua periode ini.

Kesuksesan pilkada membutuhkan sinergitas antar semua pihak mulai dari unsur pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, TNI-POLRI. 

"Karena itu, untuk tahap berikutnya silahkan kawan-kawan PPS berkomunikasi dengan pemerintah desa untuk persiapan sekretariat," tegasnya.

"Selain itu, kawan-kawan PPS juga membangun koordinasi yang baik dengan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas di desa setempat," sambungnya komisioner asal Pemenang Timur ini.

Membangun komunikasi dengan seluruh pihak tentu memberikan kedamaian pada seluruh tahapan pilkada. 

"Silahkan kawan-kawan Bawaslu mengawasi secara ketat pada setiap proses tahapan Pilkada yang berlangsung ini," ucapnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Lombok Utara, Atmaja Gumbara mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan PPS yang bersedia bekerja dalam menyukseskan tahapan pilkada sebagai bentuk ikhtiar bersama membangun Lombok Utara lebih baik. 

"Kita semua bersinergi dalam menyukseskan pilkada serentak ini," ucapnya.

Ia menghimbau unsur kecamatan dan unsur desa segera berkoordinasi dengan seluruh PPS, karena pilkada menjadi suksesi bersama agar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara berjalan lancar dan damai.

"Sekretariat PPS nanti bekerjasama dengan desa, nanti pemerintah daerah akan menyampaikan melalui kecamatan, dan kecamatan mengarahkan desa. Tidak mungkin kawan-kawan penyelenggara berjalan sendiri tapi ini milik gawe kita bersama," imbuhnya.

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro menyatakan, seluruh PPS sudah memenuhi fakta integritas, sehingga sudah siap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. "Saya yakin kawan-kawan PPS bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES