Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Gelar Business Plan Competition, Upaya Unisma Malang Menjaring Jiwa Wirausaha Muda Milenial dan Gen Z

Senin, 27 Mei 2024 - 09:36 | 14.39k
Presentasi proposal ide bisnis di hadapan dewan juri Business Plan Competition Unisma 2024. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Presentasi proposal ide bisnis di hadapan dewan juri Business Plan Competition Unisma 2024. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma Malang menggelar acara “Business Plan Competition Unisma 2024tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-Jawa Timur. Acara ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis Unisma ke-43 dimana sekarang kampus Unisma telah mengukuhkan diri sebagai Entrepreneurial University yang berorientasi pada penerapan dan inovasi kewirausahaan.

Business Plan Competition Unisma diikuti oleh 37 tim dari 27 SMA/SMK/MA/sederajat yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur. Diawali dengan proses seleksi administrasi, terpilih 34 tim untuk memaparkan secara singkat terkait proposal bisnis yang diajukan dihadapan dewan juri melalui platform Zoom pada hari Selasa, 14 Mei 2024.

Peserta yang lolos sebanyak 6 tim dengan 6 brand business masuk dalam babak final yang diselenggarakan secara luring pada Rabu, 15 Mei 2024 bertempat di Ruang Inkubator Bisnis Teknologi, Gedung Abdurrahman Bin ‘Auf lantai 2, Universitas Islam Malang. Enam brand bisnis tersebut mewakili jenis usaha ekonomi kreatif bidang kuliner, teknologi, jasa dan kriya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Acara final Business Plan Competition Unisma 2024 diawali dengan perkenalan para dewan juri yang terdiri dari H. Noor Shodiq Askandar, SE., MM (Ketua Tim Dewan Juri sekaligus menjabat sebagai Wakil Rektor 2 Unisma), Dr. Hj. Jeni Susyanti, SE., MM., BKP (Kepala P2KIB Unisma, Dosen FEB Unisma), Dr. Sama’ Iradat Tito, S.Si., M.Si (Kabid Inkubator Bisnis sekaligus Dosen FMIPA Unisma) serta Bapak Anang Habibi, S.ST., M.T (Dosen Fakultas Teknik Unisma).

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan yang disampaikan oleh Dr. Hj. Jeni Susyanti, SE., MM., BKP mewakili Ketua Tim Dewan Juri. Dalam kesempatannya ia menyampaikan bahwa acara Business Plan Competition Unisma 2024 bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan memotivasi mental berwirausahan di kalangan anak muda milenial.

Saat ini Unisma telah memasuki milestone Entrepreneurial University untuk mewujudkan milestone tersebut, melalui Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (P2KIB) sebagai wadah untuk menjaring dan mengembangkan kewirausahaan maka harus turut berperan aktif dalam menjaring dan mencetak generasi wirausaha.

Acara dilanjutkan dengan presentasi proposal ide bisnis di hadapan dewan juri oleh masing-masing tim terpilih dari perwakilan sekolah. Masing-masing tim mempresentasikan hasil karyanya dengan sangat memukau. Setelah dilakukan presentasi ide bisnis yang dilakukan oleh tim.

Berdasarkan penilaian dewan juri didapatkan pemenang Business Plan Competition Unisma 2024, dimana Juara 1 dari MAN 2 Kota Kediri dengan judul HydroSmart Bathroom, Juara 2 dan 3 perwakilan tim dari SMAN 3 Sidoarjo, Juara Harapan 1 dari MA Unggulan Techno Scientist, Juara Harapan 2 dari MAN 1 Gresik dan Juara Harapan 3 dari SMK Canda Bhirawa Pare.

Dengan adanya Business Plan Competition Unisma 2024 ini diharapkan P2KIB menjadi pusat pengembangan jiwa kewirausahaan yang berkomitmen mendukung peningkatan kompentensi bisnis sehingga mampu menciptakan wirausaha muda khususnya kaum milenial dan Generasi Z di Indonesia yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembangunan nasional untuk menjadi entrepreneur muda yang kreatif dan inovatif. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Intan Kurnia, S.Ak, P2KIB Universitas Islam Malang

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES