Indonesia Positif

FP Unwar dan Unram Sepakati Implementasi Kelas Kolaboratif dan Publikasi Bersama

Senin, 27 Mei 2024 - 15:08 | 8.30k
Penandatanganan kesepakatan antara Universitas Warmadewa dan Universitas Mataram guna peningkatan kualitas pendidikan. (FOTO: Tim Humas Unwar for TIMES Indonesia)
Penandatanganan kesepakatan antara Universitas Warmadewa dan Universitas Mataram guna peningkatan kualitas pendidikan. (FOTO: Tim Humas Unwar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi, Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) dan Fakultas Pertanian Universitas Mataram (Unram) sepakati implementasi kelas kolaboratif dan publikasi bersama.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,  Ir Yan Tonga, MP, menyebut bahwa kesepakatan tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani pada Senin (27/5) di Mataram.

"Hal ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kerjasama antara kedua universitas  dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif bagi mahasiswa, " terangnya.

Menurutnya, kelas kolaboratif merupakan pendekatan pembelajaran yang melibatkan kerja sama aktif antara mahasiswa, dosen, dan pihak lainnya dalam proses pembelajaran.

Dengan menerapkan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya fokus pada pengetahuan individual, tetapi juga pada pemahaman bersama dan solusi masalah kolektif.

"Ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, memungkinkan mahasiswa untuk berbagi ide, mengembangkan keterampilan komunikasi, dan memperoleh perspektif baru" tambah Yan Tonga.

Ia juga menekankan publikasi bersama juga menjadi fokus utama perjanjian ini. Kedua universitas akan bekerja sama untuk mengembangkan platform digital yang memungkinkan mahasiswa untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat luas.

"Upaya Ini akan menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka sambil memberikan kontribusi positif kepada komunitas akademik," imbuhnya.

Implementasi kelas kolaboratif dan publikasi bersama di FP Unwar dan Unram tidak hanya membawa perubahan signifikan dalam metode pengajaran, tetapi juga mencerminkan komitmen kedua institusi terhadap inovasi dalam pendidikan.

Dengan fokus pada kerjasama dan pemecahan masalah kolektif, mahasiswa di kedua universitas akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berkembang secara akademik serta menjadi warga dunia yang berkontribusi.

Dr Hairil Anwal, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Fakultas Pertanian Unram turut menyampaikan bahwa perjanjian kerjasama menjadi penting bagi FP Unram dalam upaya pemenuhan target yang tertuang dalam visi misi.

"Target Unram untuk mampu mewujudkan proses pendidikan yang berdaya saing nasional dan internasional. Selain itu juga terdapat target mampu berdaya saing internasional berbasis riset tahun 2025," ucapnya.

Dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama antar kedua fakultas juga ditandatangani implementasi kegiatan antara Prodi Agroteknologi FP Unwar dan Unram.I mplementasi kegiatan tersebut berupa pelaksanaan program kemitraan masyarakat "Pemanfaatan Potensi Pertanian Lokal Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Mendukung Pertanian Berkelanjutan". (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES