Indonesia Positif

Optimalkan Pemanfaatan Teknologi, UMBY Lanjutkan Kerja Sama dengan Universiti Malaysia Kelantan

Senin, 27 Mei 2024 - 08:51 | 4.60k
Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) lanjutkan jalinan kerja sama. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) lanjutkan jalinan kerja sama. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) sepakat lanjutkan jalinan kerja sama. Kerja Sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding) bersama, yang berlangsung Senin (20/05/24) di Ruang Teater Kampus 1 UMBY.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh pimpinan kedua perguruan tinggi yaitu Rektor UMBY, Dr Ir Agus Slamet, STP MP MCE, dan Dato’ Prof Dr Razli bin Che Razak dari Universiti Malaysia Kelantan. 

Rektor UMBY Agus Slamet mengatakan, bahwa selama ini kerja sama antar UMBY dan UMK telah terbangun dengan baik. Karena itu, perpanjangan kerja sama merupakan titik dimana lebih serius dalam melakukan berbagai implementasi kedepannya.

Sementara, Prof Razli menyampaikan UMBY merupakan perguruan tinggi yang memiliki implementasi MoU baik dengan UMK. Oleh karena itu, kami sangat berterimakasih karena kerja sama ini masih dapat dilanjutkan untuk berbagai implementasi yang akan segera dilaksanakan di masa mendatang. 

UMBY.jpg

“Kami sangat berterimakasih karena kerja sama ini masih dapat dilanjutkan untuk berbagai implementasi yang akan segera dilaksanakan di masa mendatang,” ujar Prof Razli.

Bentuk implementasi yang akan segera dilaksanakan. Diantaranya, pertukaran pelajar (students exchange), pertukaran dosen (lecturer exchange), pengabdian kepada masyarakat (joint community services).

Berikutnya, kompetisi mahasiswa internasional (international students competition), dan pengabdian masyarakat internasional (international community services). Selanjutnya, untuk mempercepat dan memperjelas pelaksanaan implementasi akan segera disusun timeline.

Usai kegiatan penandatanganan kerja sama, dilanjutkan pula dengan guest lecturer yang diikuti oleh lebih dari 160 mahasiswa dari berbagai fakultas di UMBY. Guest lecturer menghadirkan pembicara dari UMK yaitu Assoc. Prof Ts Dr Zailani Bin Abdullah 1 dan Assoc. Prof Ts Dr Muhammad Ashlyzan Bin Razik 1 dengan tema ‘Digitalization Small Medium Enterprise’.

Prof Muhammad Ashlyzan menekankan pentingnya berwirausaha serta memberikan tips untuk berwirausaha seperti mencari dan menemukan inovasi, dituntut untuk kreatif, dan harus mengikuti trend yang terjadi.

UMBY-FORO.jpg

Sedangkan Prof Zailani menguraikan adanya kesenjangan atau perbedaan dalam pemanfaatan teknologi khususnya bagi pelaku UMKM. Ia menilai perlu adanya insentif dari pemerintah setempat untuk meningkatkan digital skill bagi pelaku UMKM.

Hal tersebut, menurutnya dapat mendorong dalam peningkatan penjualan atau adanya perbaikan perekonomian.

Pada periode kerja sama sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti kegiatan terakhir yang dilakukan bersama adalah guest lecturer pada Kamis, (1/5/2024) di Ruang Seminar UMBY dengan pembicara Prof Roselina Ahmad Saufi dari UMK. 

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembahasan joint research entrepreneurship antara UMBY dan Universiti Malaysia Kelantan (UMK). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES