Indonesia Positif Universitas Islam Malang

KSM - E Unisma Malang Gelar Sosialisasi Anti Bullying di SD Negeri Mulyorejo 2

Selasa, 28 Mei 2024 - 10:20 | 10.61k
Sosialisasi anti bullying oleh Mahasiswa KSM-E UKM Pramuka Unisma Malang di SD Negeri Mulyorejo 2. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Sosialisasi anti bullying oleh Mahasiswa KSM-E UKM Pramuka Unisma Malang di SD Negeri Mulyorejo 2. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa KSM - E Unisma Malang di Desa Mulyorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang melaksanakan program sosialisasi anti bullying.

Kegiatan yang diketuai Tegar Safriya Mahasiswa KSM - E dari Ormawa UKM Pramuka Gugusdepan UNISMA yang dilaksanakan di SD Negeri Mulyorejo 2 pada 11 Mei 2024.

"Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok," ujar Tegar Safriya selaku ketua pelaksananya.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kesadaran sejak dini tentang bahaya atau dampak dari bullying pada lingkungan sekolah. Sehingga mereka dapat berupaya untuk mencegah dan mengantisipasi bullying oleh peserta didik,” paparnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Peserta kegiatan yang berlangsung diikuti 25 siswa-siswi. Sebelum memulai kegiatan, peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik seputar bullying untuk mengetahui seberapa faham peserta didik tentang bullying. Kemudian sosialisasi anti bullying oleh panitia di dalam kelas. Sosialisasi yang diberikan seputar pengertian bullying, jenis-jenis bullying, dampak bullying terhadap korban, upaya pencegahan oleh keluarga, upaya pencegahan oleh anak, upaya pencegahan oleh satuan pendidikan dan upaya pencegahan oleh masyarakat.

Sesi terakhir panitia mengajak peserta didik untuk simulasi upaya pencegahan bullying oleh anak. Dengan sontak, peserta yang telah dibekali materi sebelumnya langsung diajak untuk mempraktekkan apa yang baru saja mereka dapat.

Dengan begitu, peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, salah satunya Qeren yang juga berasal dari Desa Mulyorejo mengatakan bahwa kegiatan ini bermaanfaat. “Senang sekali kak dengan adanya sosialisasi ini bisa tahu bagaimana mengantisipasi bullying terjadi di Sekolah karena saya masih melihat adanya bullying di sekolah,” jelas siswi kelas 3 yang mengikuti kegiatan ini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-E UKM Pramuka Gugusdepan Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES