Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Suksesnya Penyuluhan "Ayo Siaga Bencana Banjir" di SMP Negeri 3 Malang

Selasa, 28 Mei 2024 - 10:40 | 7.57k
Afnaril Afida, anggota UKM KSR PMI Unit Unisma Malang memberikan penyuluhan siaga bencana banjir kepada anggota PMR SMP Negeri 3 Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Afnaril Afida, anggota UKM KSR PMI Unit Unisma Malang memberikan penyuluhan siaga bencana banjir kepada anggota PMR SMP Negeri 3 Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – SMP Negeri 3 Malang menjadi saksi suatu kegiatan penyuluhan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya banjir di kota ini. Acara tersebut berlangsung berkat kerjasama dengan KSM PMI Unit Unisma Malang.

Bertajuk "Ayo Siaga Bencana Banjir di Kala Musim Hujan", berhasil menarik perhatian puluhan peserta didik yang aktif terlibat dalam ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah tersebut.

PMR di SMP Negeri 3 Malang ini merupakan salah satu sekolah yang dibina oleh anggota dari UKM KSR PMI Unit Universitas IsIam Malang yaitu saudari Afnaril Afida. Program penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk program kerja fasilitator PMR yang dilatar belakangi dengan tingginya curah hujan di kota Malang yang seringkali menyebabkan banjir tiba-tiba, penyuluhan ini diinisiasi dengan tujuan utama untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta didik tentang kesiapsiagaan dan pentingnya memberikan dukungan serta bantuan kepada korban bencana banjir.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sebanyak 23 peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler PMR Madya hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut. Mereka tampak sangat antusias dan aktif dalam berpartisipasi, baik dalam sesi tanya jawab maupun dalam diskusi tentang berbagai aspek terkait bencana banjir.

Penyuluhan tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan tentang pengertian, penyebab, dan akibat dari bencana banjir, tetapi juga menekankan pentingnya penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik diharapkan dapat menjadi agen kesiapsiagaan di lingkungan mereka masing-masing serta dapat memberikan dukungan kepada mereka yang terdampak oleh bencana banjir.

Kegiatan penyuluhan tersebut mendapat respons yang sangat positif dari peserta didik, yang menunjukkan keseriusan mereka dalam memahami dan menghadapi potensi bencana banjir di masa yang akan datang. Dengan demikian, keberhasilan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan keselamatan masyarakat Malang dalam menghadapi bencana banjir. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-E UKM KSR PMI Unit Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES