Indonesia Positif

Opsi Kedua Berobat, Malaysia Kenalkan Deretan RS Unggulan di Surabaya

Kamis, 30 Mei 2024 - 19:05 | 9.19k
Antusiasme pengunjung saat melakukan konsultasi di booth rumah sakit dalam pameran MHexpo 2024 di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (30/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Antusiasme pengunjung saat melakukan konsultasi di booth rumah sakit dalam pameran MHexpo 2024 di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (30/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Wisata medis di Malaysia masih menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan dan pengobatan secara komprehensif.

Dalam kurun delapan tahun terakhir, animo berobat ke Malaysia cukup tinggi. Untuk mempromosikan wisata medis tersebut, IHH Healthcare Malaysia bersama Indonesia berkolaborasi dalam Malaysia Healthcare Expo (MHexpo) 2024.

MHexpo 2024 berlangsung di Atrium Pakuwon Mall Surabaya mulai Kamis (30/5/2024) hingga 2 Juni 2024 mendatang.

MHExpo merupakan pameran bergengsi yang menampilkan sejumlah rumah sakit terbaik dan pilihan yang ada di Malaysia. Antara lain Pantai Hospital, Timberland Medical Center, Gleneagles Hospital dan Prince Court.

Berkolaborasi secara eklsusif dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), MHExpo Surabaya 2024 bersama IHH Healthcare bertujuan untuk memposisikan Malaysia sebagai tujuan layanan kesehatan utama terutama untuk mereka yang ingin melakukan opsi kedua berobat. 

Group rumah sakit ini mengoperasikan jaringan 17 rumah sakit. Termasuk Gleneagles Hospital, Pantai Hospital, Prince Court Medical Centre, dan Timberland Medical Centre yang baru ditambahkan. 

Direktur MHTC Indonesia Market, Rahmatullah Baragau, mengungkapkan, dalam delapan tahun ini tercatat peningkatan minat masyarakat Indonesia untuk berobat ke Malaysia. Seperti layanan bayi tabung, operasi tulang dan operasi jantung.

"Pameran ini bisa menjadi medical second opinion," kata Rahmat, Kamis (30/5/2024).

Malaysia juga diklaim memiliki sistem layanan kesehatan dan tenaga medis terlatih. Biaya perawatan juga disebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Sebagai negara ramah muslim, berobat di Malaysia kerap menjadi pilihan umat Islam.

"Tahun ini kami memiliki banyak opsi untuk wisata medis," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Chief Commercial Officer IHH Healthcare Malaysia, Sipika Singh mengatakan bahwasanya pameran tahun ini sekaligus menandai langkah signifikan dalam perjalanan IHH Healthcare Malaysia menuju peningkatan standar layanan kesehatan regional. 

Talksow-RS-Unggulan.jpg

(kiri-kanan) Direktur MHTC Indonesia Market Rahmatullah Baragau, Chief Commercial Officer IHH Healthcare Malaysia Sipika Singh dan CEO Gleneagles Hospital Kota Kinabalu & Timberland Medical Center dr Kelvin Chng, Kamis (30/5/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Kali ini dilakukan melalui keterlibatan langsung dengan masyarakat Indonesia, untuk berbagi informasi mengenai akses terhadap perawatan pasien yang berkualitas dan ketersediaan pilihan perawatan medis yang canggih di Malaysia. 

"Selama tiga dekade terakhir, IHH Healthcare Malaysia telah menyediakan layanan pasien berkualitas dengan hasil klinis yang baik bagi pasien Indonesia," jelasnya.

Selain itu, IHH Healthcare Malaysia sangat mendukung inisiatif wisata medis yang diselenggarakan oleh pemerintah Malaysia.

Sipika Singh tak lupa mengungkapkan rasa terima kasih atas antusias masyarakat Surabaya saat IHH Healthcare Malaysia menggelar  MHExpo Surabaya 2023 tahun lalu.

"Kami sangat bersemangat untuk berbagi penawaran layanan kesehatan terbaru kami dengan para stakeholders kami yang berharga di Indonesia," kata Sipika Singh.

IHH Healthcare sendiri telah membangun kepercayaan selama tiga dekade, memberikan perawatan kepada lebih dari 50.000 pasien Indonesia setiap tahunnya.

"Hal ini merupakan komitmen kami untuk memberikan nilai luar biasa melalui layanan khusus dan pendekatan yang berpusat pada pasien di Indonesia," lanjutnya.

IHH Healthcare memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan unik para pasien di Indonesia melalui rencana perawatan yang dipersonalisasi, teknologi medis canggih, pilihan perawatan yang mudah diakses, dan tim spesialis yang berdedikasi. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan hasil klinis yang optimal dan pemulihan yang lebih cepat, sekaligus menjaga efektivitas biaya.

"Kolaborasi kami, seperti kemitraan dengan Bank Mega dan Prodia, dirancang untuk menjadikan layanan kesehatan kami lebih mudah diakses dan nyaman bagi masyarakat Indonesia," jelas Sipika.

Sipika Singh menekankan bahwa upaya itu dirancang untuk memperkuat status IHH Healthcare Malaysia sebagai salah satu pilihan utama bagi wisatawan medis Indonesia. 

Kedekatan Malaysia dengan Indonesia menjadikannya tujuan yang nyaman bagi pasien Indonesia. 

Selain itu, kesamaan budaya, masakan, dan bahasa semakin menjadikan Malaysia sebagai pilihan utama untuk perawatan medis dan pariwisata berkualitas tinggi terutama mereka yang mencari opsi kedua berobat.

Pada pameran ini, pengunjung akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan rumah sakit, memperoleh informasi relevan, dan mengambil keputusan mengenai kebutuhan perawatan kesehatan mereka. 

Acara ini menghadirkan partisipasi dari Gleneagles Hospital Penang, Gleneagles Hospital Kuala Lumpur, Gleneagles Hospital Johor, Gleneagles Hospital Kota Kinabalu, Pantai Hospital Kuala Lumpur, Pantai Hospital Ayer Keroh, Prince Court Medical Centre, dan Timberland Medical Centre.

Sementara itu, dr Kelvin Chng CEO dari Gleneagles Hospital Kota Kinabalu dan Timberland Medical Centre menambahkan, pameran MHExpo Surabaya bersama IHH Healthcare 2024 ini pengunjung bisa mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dan juga promosi yang ditawarkan selama empat hari saja.

“Pengunjung dapat datang ke expo untuk mendapatkan informasi tentang paket pemeriksaan kesehatan rumah sakit, pilihan pengobatan, dan kemajuan layanan kesehatan. Mereka dapat menikmati penawaran menarik," lanjutnya.

Gleneagles Hospital Kota Kinabalu dan Timberland Medical Center memiliki keunggulan di bidang spesialis kanker, operasi umum, jantung, otak dan syaraf serta pencernaan, sehingga semua informasi tersebut bisa didapatkan secara menyeluruh dalam satu pameran.

Seperti keberadaan International Patient Center (IPC) yang memastikan kelancaran kunjungan wisatawan medis Indonesia dengan menangani antar jemput di bandara, perjalanan, dan pengaturan akomodasi. 

Keunggulan IHH Healthcare Malaysia baru-baru ini diakui di Healthcare Asia Awards 2024 dan GlobalHealth Asia-Pacific Awards 2024, dan juga menerima penghargaan seperti 'Medical Tourism Initiative of the Year  Malaysia' dan 'Healthcare Group of the Year in Asia-Pacific'. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES