Indonesia Positif

Mahasiswa Asing di UNIPMA Dikenalkan Batik sebagai Budaya Indonesia

Jumat, 31 Mei 2024 - 14:20 | 7.55k
Mahasiswa Asing selesai belajar membatik  di Batik Candi Mulyo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Asing selesai belajar membatik di Batik Candi Mulyo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pengenalan budaya Indonesia kepada mahasiswa asing di UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) tak hanya terbatas pada bahasa. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UNIPMA mencoba mengenalkan kain batik serta cara pembuatannya kepada para mahasiswa asing di Batik Candi Mulyo Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun pada Sabtu (20/4/2024).

Mahasiswa asing tersebut belajar membatik didampingi oleh Ketua Divisi BIPA Biro Kerjasama dan Humas UNIPMA, Dewi Triyana Sari, M.Pd. Mereka diajari untuk membuat kreasi kain batiknya sendiri. 

Dewi Triyana menjelaskan, hal ini supaya mahasiswa asing mengenal dan mempelajari budaya Jawa. “Sebelum berlatih, mereka diberi pemaparan terkait dengan apa itu batik, dan bagaimana cara membatik, lalu mereka mempraktikkan,” ujarnya. 

Sementara itu, salah seorang mahasiswa asing Mark James Barayuga mengatakan, program membatik ini sangat menyenangkan. Ia juga mengatakan akan mempelajari cara membatik lebih dalam lagi.
Meskipun sempat mengalami kendala karena harus menggambar pola yang detail dan kecil, dia menilai proses belajar membatik ini sangat seru.

 Namun dia menyayangkan waktu untuk belajar hanya beberapa jam. "Oleh karenanya, saya ingin belajar lebih dalam lagi tentang membatik di luar program kelas ini,” kata mahasiswa asal Filipina tersebut di UNIPMA Madiun tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES