Indonesia Positif

Mahasiswa Filipina Belajar Gamelan dan Tari di Kampus UNIPMA, Ini Keseruannya!

Jumat, 31 Mei 2024 - 15:18 | 7.39k
Mahasiswa Filipina belajar gamelan di UNIPMA Madiun. (Foto: humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Filipina belajar gamelan di UNIPMA Madiun. (Foto: humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mahasiswa asing dari Mariano Marcos State University (MMSU) dan Nueva Ecija University of Science and Technology (NEUST) Filipina melakukan Faculty Mobility di UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun). Mereka dikenalkan budaya Indonesia di UNIPMA Madiun, tak hanya terbatas pada bahasa. 

Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UNIPMA mengenalkan berbagai jenis tarian dan alat musik tradisional yakni gamelan. Mereka tidak hanya melihat, tetapi juga langsung memperagakan tarian dan mempelajari langsung bagaimana memainkan gamelan yang dibimbing tim UKM Tjandra Kirana dan UKM Cendekia Laras Swara.

belajar-tari-tradisional.jpg

Dalam kegiatan itu, mahasiswa asing didampingi oleh Tim BIPA UNIPMA yaitu, Devi Cintia Kasimbara, S.Pd., M.A. dan Brigitta Septarini Rahmasari, S.S., M.Pd. pada Sabtu (27/4/2024). 

Salah seorang mahasiswa asing dari Filipina, Ma.Louisa Zaragosa mengaku sangat senang bisa belajar budaya dan kesenian Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa latihan tari yang diajarkan sangat bagus dan bisa mambantu dalam mengenalkan budaya Indonesia.

“Saya senang bisa berkesempatan belajar kesenian ini. Ini kali pertama saya datang ke UNIPMA Madiun, Pengalaman ke sini sangat menarik,” katanya.

foto-bersama-a.jpg

Sementara itu, mahasiswa lain Vanessa Padua mengungkapkan perasaan senangnya dengan aktivitas mengenal budaya Indonesia.  "Hari ini saya senang krena kita menyaksikan bagaimana belajar tari dan memainkan alat musik tradisional gamelan,” ungkapnya.

Tim BIPA UNIPMA Devi Cintia Kasimbara, S.Pd., M.A, mengungkapkan, diadakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk  mengenalkan budaya Indonesia kepada mereka khususnya budaya Jawa.

“Jadi selain di ruangan, mereka juga diajarkan terkait kebudayaan yang ada di Indonesia. Mereka belajar tari dan gamelan,” paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES