Indonesia Positif

Kwarcab Karanganyar Gelar Bimtek Peningkatan Pengelolaan Administrasi Kwartir

Sabtu, 01 Juni 2024 - 18:25 | 13.48k
Peserta Bimtek Peningkatan Pengelolaan Aministrasi Kwartir menerima materi dari narasumber di Aula Merpati Kantor BKD Karanganyar, Sabtu (1/6/2024). (FOTO: Kwarcab Karanganyar)
Peserta Bimtek Peningkatan Pengelolaan Aministrasi Kwartir menerima materi dari narasumber di Aula Merpati Kantor BKD Karanganyar, Sabtu (1/6/2024). (FOTO: Kwarcab Karanganyar)

TIMESINDONESIA, KARANGANYAR – Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Peningkatan Pengelolaan Administrasi Kwartir di Aula Merpati, Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2024).

Acara ini dibuka oleh Kurniadi Maulato, Ketua Kwarcab Karanganyar. Dalam sambutannya, Kurniadi menekankan pentingnya pengelolaan administrasi kwartir dan kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam era digitalisasi untuk mengintegrasikan data dari 17 Kwarran hingga ke tingkat gugus depan.

"Digitalisasi merupakan kebutuhan untuk menyatukan data 17 Kwarran hingga gugus depan. Untuk itu, pramuka memerlukan pengetahuan administrasi yang kuat," ujarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 51 peserta yang merupakan utusan dari 17 Kwarran, masing-masing Kwarran mengirimkan tiga perwakilan yakni ketua, sekretaris, dan satu admin aplikasi temanpramuka. Materi yang disampaikan mencakup konsep dan prinsip pengelolaan administrasi, struktur dan fungsi organisasi Gerakan Pramuka, pengelolaan administrasi seperti keanggotaan, persuratan, kegiatan, pembaruan nomor gugus depan, serta tutorial penggunaan aplikasi temanpramuka.

Panitia pelaksana, Haryanto, menyatakan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk menertibkan administrasi kwartir ranting dan mengintegrasikan semua data potensial dari gugus depan, termasuk data pembina, ke dalam aplikasi temanpramuka sehingga seluruh data pramuka di Kabupaten Karanganyar terhubung dalam satu sistem.

"Kami mempersiapkan peningkatan pengelolaan administrasi kwartir ini untuk membekali para pengurus kwarran dalam menghadapi lomba kwartir ranting tahun 2025 mendatang," tambah Haryanto.

Pada pembukaan acara, hadir Wakil Ketua Bidang, Sekretaris Kwarcab, serta narasumber dari kesekretariatan Kwarcab Karanganyar. Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Karanganyar bersama wakil ketua menyerahkan bantuan fasilitasi kegiatan kwarran, dengan masing-masing kwarran mendapatkan Rp2,5 juta.

Agus Siswanto, Ketua Kwarran Tasikmadu, mengapresiasi kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kwarran yang akan berdampak positif bagi gugus depan.

"Kegiatan ini sangat bagus dan merupakan langkah awal yang tepat agar kwarran dapat berperan aktif dan berkontribusi terhadap Kwarcab Karanganyar dalam mencapai semangat untuk giat, berprestasi, dan gembira. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan semboyan Karanganyar yang maju, kompetitif, dan harmonis melalui kontribusi dari Kwarcab Karanganyar," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES