Indonesia Positif

Rekor Lagi, 17 Proposal Hibah DRTPM Dosen UWG Dapat Pendanaan

Senin, 03 Juni 2024 - 08:31 | 6.78k

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Widyagama Malang (UWG) kembali mencatat prestasi gemilang dengan kelolosan 17 judul proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Direktorat Riset dan Teknologi Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Ditjen Diktiristek RI Tahun 2024.

Dari total 32 proposal yang diajukan, 21 adalah proposal penelitian dan 11 proposal pengabdian kepada masyarakat. Rinciannya, 11 proposal penelitian di bidang teknik serta ekonomi bisnis, dan 6 proposal pengabdian kepada masyarakat berhasil memperoleh pendanaan, menunjukkan tingkat kelolosan lebih dari 50 persen.

Para dosen UWG yang berhasil melewati seleksi ketat ini akan melaksanakan berbagai proyek yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu dosen berprestasi, Dr. Ana Sopanah Supriyadi, S.E., M.Si., Ak., CA, yang juga mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWG, mengungkapkan antusiasmenya terhadap proyek yang akan dijalankannya. "Terkait dengan tema penelitian yang saya ambil, saya fokus mengamati aspek kearifan lokal masyarakat kita. Kali ini, saya menyelidiki bagaimana penerapan akuntansi oleh pelaku seni Bantengan khas Malang. Sementara itu, proposal pengabdian masyarakat saya terinspirasi dari kunjungan ke salah satu panti asuhan. Saya berpikir, bagaimana caranya panti asuhan itu tidak hanya mengandalkan donasi sebagai sumber pemasukan sehingga lebih berdaya," ungkap Ana.

Fitri Marisa, S.Kom., M.Pd., Ph.D., Kepala LPPM UWG, menuturkan bahwa jumlah proposal yang lolos jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. "Ini tentu membawa dampak baik bagi dosen dan universitas. LPPM akan mengawal hingga akhir pelaksanaan program, terutama lebih ketat dalam hal luaran. Harapannya, luaran-luaran penelitian dan pengabdian masyarakat dapat didiseminasikan sehingga dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat," ujar Fitri yang juga berhasil menerima pendanaan proposal penelitian DRTPM kali ini.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, UWG menekankan kolaborasi antara ketua tim pengabdian masyarakat dengan mitra dari kalangan UMKM maupun komunitas di Malang Raya. Semangat sinergi ini diharapkan mampu menciptakan dampak positif yang lebih luas.

Keberhasilan para dosen Universitas Widyagama Malang ini menandai komitmen mereka dalam mewujudkan riset dan pengabdian yang berkualitas serta relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal. Diharapkan, hasil dari proyek-proyek ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Malang Raya.

Dengan keberhasilan ini, Universitas Widyagama Malang semakin memperkokoh posisinya sebagai institusi pendidikan yang berkontribusi aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Prestasi ini juga menunjukkan dedikasi dan kerja keras para dosen dalam upaya mereka untuk membawa perubahan positif melalui penelitian dan pengabdian yang inovatif dan berdampak nyata.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES