Indonesia Positif

Di Unwaha Jombang, Kemenpora RI Ajak Santri Ngaji Politik

Selasa, 04 Juni 2024 - 08:25 | 6.77k
Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda, Prof. Dr. H.M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A., saat menyampaikan sambutan di Santri Ngaji Politik.
Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda, Prof. Dr. H.M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A., saat menyampaikan sambutan di Santri Ngaji Politik.

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Talkshow Santri Ngaji Politik, di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha Jombang), di Aula Gedung F, Senin (3/6/2024).

Kegiatan ini mengangkat tema Politik Sarungan: Jalan Moderasi Politik KH. A. Wahab Hasbullah. Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda, Prof. Dr. H.M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A. mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemuda dalam di bidang politik, khususnya para mahasiswa dan santri. Program ini dirancang khusus untuk memberikan edukasi perihal pengarus utamaan nilai-nilai santri dalam berpolitik.

"Acara ini bagian dari ikhtiar Kemenpora untuk mendorong partisipasi lebih dini anak muda di dalam ruang sosial politik. Aktivitas politik itu adalah bagian dari denyut nadi kehidupan sehari-hari kita. Apabila seorang santri menjauh dari partisipasi politik, maka arah politik negeri kita akan jauh dari nilai kesantrian," seru Prof. Ni'am dalam sambutannya.

Beliau juga menuturkan, sosok KH. A. Wahab Hasbullah merupakan role model yang mengejawantahkan peran politik kebangsaan tanpa menanggalkan identitas kesantrian. Salah satu identitas politik kiai atau santri adalah semangat Tawazzun.

Santri-Ngaji-Politik.jpg

Nilai tersebut menjadi modal sosial bagi KH. A. Wahab Hasbullah dalam berpolitik. Identitas politik Tawazzun tersebut diartikan sebagai keseimbangan antara dimensi duniawi dengan ukhrawi, hubungan agama dan negara.

"Hal-hal inilah yang berhasil diterjemahkan dengan baik oleh KH. A. Wahab Hasbullah. Harapannya, dengan kegiatan ini, kita bisa melandasi sisi politik kiai yang diteladani oleh beliau. Sebagai anak muda, kita perlu menginternalisasikan dan mengejawantahkan spirit politik santri untuk kemaslahatan," pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unwaha Jombang, Prof. Dr. Ir. H. Gatot Ciptadi, DESS, IPU, ASEAN Eng. juga berharap, melalui kegiatan ini para santri khususnya mahasiswa Unwaha Jombang dapat mengambil pelajaran dari perjuangan KH. A. Wahab Hasbullah.

"Mari kita jadikan momentum ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan peran santri dalam pembangunan bangsa dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik, adil dan makmur," pesan beliau.

Dilanjut dengan sesi talkshow, bertugas sebagai moderator, Rohmat Hidayat, S.S., M.Pd. memandu acara dengan khidmat bersama kedua pemateri. Yaitu, Prof. H. Kacung Marijan, Drs., M.A., Ph.D. dan Ahmad Udi Masykuri, M.Pd.I.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum (YPTBU), Hj. Hizbiyah Rochim Wahab, M.A. Asisten Deputi Wawasan Pemuda, Drs. Edi Nur Indah Susila, M.Si. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES