Indonesia Positif

Tingkatkan Layanan Publik, Pemkot Kediri Gelar FKP di Seluruh OPD

Selasa, 04 Juni 2024 - 20:41 | 5.01k
Kegiatan Forum Komunikasi Publik yang diikuti seluruh OPD. (FOTO: Diskominfo Kota Kediri for TIMES Indonesia)
Kegiatan Forum Komunikasi Publik yang diikuti seluruh OPD. (FOTO: Diskominfo Kota Kediri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menggelar kegiatan Forum Komunikasi Publik (FKP) yang diikuti seluruh OPD. Hal ini menindaklanjuti SE Kemenpan RB No. 02 Tahun 2024 tentang penerapan Standar Pelayanan di lingkup instansi pemerintah, Selasa (4/6/2024). 

Kegiatan FKP diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri dengan melibatkan BUMN, perusahaan swasta, stakeholder, akademisi, pelaku usaha, media, dsb. FKP banyak diisi dengan diskusi dan sharing untuk menjaring aspirasi dari para peserta sehingga pelayanan Disperdagin ke depan akan semakin baik.

"Kita undang semua unsur agar bisa memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanan yang kami berikan, khususnya pada bidang kemetrologian yakni tera dan tera ulang," jelas Wahyu Kusuma Wardani, Kepala Disperdagin saat dikonfirmasi di kantornya.

Dalam pelayanan tera dan tera ulang UTTP, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri melaksanakan beberapa jenis pelayanan antara lain pelayanan tera dan tera ulang di dalam kantor, pelayanan tera dan tera ulang di luar kantor, pelayanan sidang tera dan tera ulang di pasar.

"Disperdagin melakukan pengujian tera ulang pada berbagai alat ukur takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang digunakan para pelaku usaha di Kota Kediri," terangnya.

Di kesempatan tersebut Wahyu sekaligus menghimbau pelaku usaha, pedagang, pemilik, pemakai UTTP untuk menera ulangkan UTTP-nya sesuai ketentuan. "Alhamdulillah semua menyambut baik kegiatan ini, dan tadi ada beberapa masukan salah satunya tentang digitalisasi layanan yang saat ini sedang kita upayakan," terangnya.

Digitalisasi tersebut akan diwujudkan dengan meluncurkan inovasi berupa aplikasi berbasis website yang bisa diunduh melalui playstore.

"Untuk website saat ini masih kita lakukan penyempurnaan dan secepatnya akan kita sosialisasikan ke masyarakat," terangnya.

Wahyu berharap dari FKP ini akan semakin banyak masyarakat yang mengenal bidang kemetrologian dan para pelaku usaha yang memiliki UTTP bisa  menerakan alatnya ke Disperdagin tepat waktu sehingga alat ukur yang digunakan tetap akurat dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atau masyarakat.

Salah satu peserta, Fredi dari Pabrik Gula Pesantren menyambut positif kegiatan FKP. Apalagi Disperdagin memiliki wacana untuk meluncurkan aplikasi yang akan memudahkan masyarakat memperoleh layanan.

"Alhamdulillah di era digital seperti sekarang ini direspon Pemkot Kediri melalui Disperdagin dengan membuat aplikasi atau web. Jadi pelayanan uji tera nanti bisa dengan aplikasi. Sehingga kami bisa upload alat-alat kami yang bisa diuji terakan beserta dengan masa expirednya," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES