Indonesia Positif

AQUA Banyuwangi Fasilitasi Sarana Air Bersih Ratusan Warga Sekitar Perusahaan

Kamis, 06 Juni 2024 - 16:34 | 39.87k
AQUA Banyuwangi, Kick Off program WASH Gizi 2024, dengan memfasilitasi Sarana Air Bersih kepada ratusan warga Dusun Suko, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
AQUA Banyuwangi, Kick Off program WASH Gizi 2024, dengan memfasilitasi Sarana Air Bersih kepada ratusan warga Dusun Suko, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Manfaat keberadaan pelaku investasi PT Tirta Investama pabrik AQUA Banyuwangi, terus dirasakan masyarakat sekitar. Khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur.

Minggu (2/6/2024) lalu, AQUA Banyuwangi melalui mitranya, PPM Paradigma menggelar Kick Off program WASH (Water, Sanitation, and Hygiene) - Gizi 2024. Di situ, perusahaan juga membangun komitmen awal dengan ratusan warga Dusun Suko, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh, yang akan difasilitasi Sarana Air Bersih (SAB).

AQUA-Banyuwangi-4.jpg

AQUA Banyuwangi, Kick Off program WASH Gizi 2024, dengan memfasilitasi Sarana Air Bersih kepada ratusan warga Dusun Suko, Desa Benelan Kidul, Kecamatan Singojuruh. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

“Ini merupakan program kedua, di tahun 2023, program yang sama juga diberikan kepada masyarakat di Dusun Gombol,” ucap Kepala Pabrik AQUA Banyuwangi, Achmad Afandi, Kamis (6/6/2024).

Dijelaskan, program WASH Gizi adalah integrasi antara kesehatan masyarakat dan lingkungan. Di bawah naungan WASH dan gizi yang muaranya pada pelaksanaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) serta upaya mencegah stunting.

“Tentu memerlukan proses yang panjang, kami mulai dari peningkatan akses air bersih dan pendampingan intens kepada masyarakat,” paparnya.

Sarana air bersih program WASH Gizi, lanjut Afandi, bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih dan upaya menyehatkan lingkungan masyarakat. Pada rencana tahun ini, sarana air bersih diproyeksikan akan mengaliri pada 200 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat.

Projek Manajer WASH Gizi PPM Paradigma, Agus Nur Fahmi menjelaskan, fasilitasi air bersih ini berdasarkan asesmen, pendataan dan kondisi di lapangan. Bahwa di Dusun Suko pada tahun sebelumnya banyak sumur warga yang mengalami kekeringan.

“Kick off program ini sekaligus menjalin komitmen dengan masyarakat. Komitmen ini sebagai dokumen bersama karena setelah difasilitasi seluruh aset akan diserahterimakan ke desa dan dikelola oleh masyarakat. Selanjutnya, Paradigma akan mendampingi pemanfaatan sarananya sampai ideal,” cetusnya.

Kick off program WASH Gizi 2024 diikuti oleh seluruh unsur masyarakat setempat. Mulai dari Pemerintah Desa Benelan Kidul, Ketua RT dan RW se Dusun Suko, perwakilan masyarakat yang berjumlah 30 orang dan tokoh masyarakat Dusun Suko lainnya.

Menjadi inti kegiatan, Paradigma menjelaskan maksud program, tujuan sarana air bersih ini dibangun dan menghimpun komitmen awal dengan masyarakat. Berdasarkan penjelasan tersebut, seluruh undangan yang hadir sepakat untuk menjalankan hak dan kewajiban atas sarana air bersih yang nantinya akan dibangun.

Kepala Desa Benelan Kidul, Habib Ali Mustafa, menyambut baik iktikad perluasan penerima manfaat sarana air bersih yang diberikan oleh AQUA Banyuwangi. Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah program sarana air bersih AQUA terus diberikan kepada masyarakat kami. Ini tentu menjadi hal baik, setelah di tahun kemarin di Dusun Gombol, kini di Dusun Suko,” kata Habib Ali Mustofa.

“Semoga dengan pendampingan dari teman-teman Paradigma, masyarakat mampu mengelola dan air bersih ini bisa termanfaatkan dengan maksimal. Pemerintah sangat mendukung dan siap membantu dari sisi yang lain,” imbuhnya.

Terkait peluncuran program fasilitasi SAB, Paradigma selaku mitra AQUA Banyuwangi, berkomitmen akan terus mendampingi masyarakat dan pemerintah desa. Mulai dari penyusunan regulasi di desa, pembentukan kelompok HIPPAM, pelatihan manajerial dan pendampingan lain. Semua akan dilakukan berkelanjutan kepada masyarakat, khususnya di Dusun Suko. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES