Indonesia Positif

Perkuat Riset dan Hilirisasi Penelitian serta Menuju Universitas Kelas Dunia, UNJ Gelar Riset Expo dan LPPM Award Tahun 2024

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:14 | 8.81k
Perkuat Riset dan Hilirisasi Penelitian serta Menuju Universitas Kelas Dunia, UNJ Gelar Riset Expo dan LPPM Award Tahun 2024. (FOTO: dok. UNJ)
Perkuat Riset dan Hilirisasi Penelitian serta Menuju Universitas Kelas Dunia, UNJ Gelar Riset Expo dan LPPM Award Tahun 2024. (FOTO: dok. UNJ)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (LPPM UNJ) gelar Riset Expo dan LPPM Award. Kegiatan yang digelar tahunan ini bertujuan untuk menampilkan karya-karya terbaik dosen UNJ dari hasil penelitian, baik yang didanai oleh internal UNJ maupun dari hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Terdapat 10 booth yang diperuntukan bagi 8 fakultas, 1 pascasarjana, dan 1 booth khusus untuk LPPM. Diantara produk inovatif yang dipajang di booth riset expo, terdapat beberapa produk yang sedang proses hilirisasi yang bekerja sama dengan Badan Pengelola Usaha UNJ, yaitu Smart Antropometri karya Dr. Umiatin yang merupakan dosen Program Studi Fisika FMIPA dan Tempe Sportbar karya Dr. Mansur Jauhari yang merupakan dosen olahraga program Studi S2 Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) UNJ.

LPPM UNJ juga memberikan apresiasi dan penghargaan melalui LPPM Award atas capaian terbaik kepada dosen, program studi, pengelola jurnal, dan fakultas yang terbagi ke dalam kategori penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi (18 nominasi), kategori Hak Kekayaan Intelektual dan Jurnal (17 nominasi), dan kategori Sinta score, lomba poster dan lomba video hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (25 nominasi). 

Penyelenggaraan Riset Expo dan LPPM Award tahun 2024 yang turut dihadiri Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang diwakili oleh Dr. Dipl. Ing. Mulyadi Sinung Harjono selaku Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri BRIN ini telah memasuki tahun ke-7. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Riset Expo dan LPPM Award Tahun 2024 yang terselenggara pada tanggal 5 Juni 2024 telah diagendakan ke dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UNJ ke-60 tahun yang mengusung tema “Bertransformasi Menuju Kelas Dunia”. Tentunya, melalui kegiatan Riset Expo dan LPPM Award ini, penguatan riset dan hilirisasi penelitian dalam mendukung transformasi perguruan tinggi menuju kelas dunia dapat terwujud secara konkret sesuai dengan visi UNJ menjadi Universitas Bereputasi di Kawasan Asia.

Dalam laporannya, Prof. Iwan Sugihartono selaku Ketua LPPM UNJ menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada dosen dari fakultas/pascasarjana yang menampilkan berbagai produk hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kepada seluruh dosen penerima LPPM Award tahun 2024. Ia juga berharap seiring dengan semangat transformasi UNJ menuju kelas dunia dapat menghasilkan luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terekognisi oleh masyrakat baik nasional maupun internasional. Kolaborasi dan sinergisitas seluruh civitas UNJ merupakan kekuatan penting yang dapat memberikan penguatan terhadap kuantitas dan kualitas capaian luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, ucap Prof. Iwan Sugihartono.

Prof. Iwan Sugihartono menambahkan bahwa pemberian penghargaan melalui LPPM Award ini diharapkan dapat memberikan stimulasi bagi seluruh civitas akademik khususnya dosen di UNJ untuk aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kolaborasi lintas instansi/universitas dalam dan luar negeri, menghasilkan luaran yang terekognisi oleh masyarakat nasional dan internasional, meningkatkan kualitas publikasi, meningkatkan tata kelola jurnal, meningkatkan kualitas luaran hak kekayaan intelektual, aktif mendokumentasikan produk luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan aktif melakukan input seluruh capaian luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) maupun Science And Technology Index (SINTA) yang merupakan aplikasi yang dipergunakan untuk menyimpan data administrasi layanan dosen dan sistem data ilmiah yang terintegrasi untuk mengelola informasi penelitian dan publikasi ilmiah di Indonesia. Hal ini tentunya akan memberikan kontribusi pada capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UNJ, tambah Prof. Iwan Sugihartono.

Pada kesempatan ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan harapannya agar kegiatan Riset Expo dan LPPM Award gaungnya diperbesar dengan mengundang banyak mitra dari lintas universitas maupun pihak swasta. Ia juga menyampaikan kegiatan expo akan menjadi ajang pertemuan antara pihak universitas dan industri sehingga menjadi katalis proses hilirisasi yang lebih efektif. Hal tersebut tentunya akan memberikan kesempatan yang baik bagi UNJ untuk menambah income generating melalui produk-produk hasil penelitian yang terhilirisasi, ucap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan bahwa pihaknya memberikan apresiasi adanya peluncuran empat buku bunga rampai tematik yaitu: (1) Jejak Inovasi (Bunga Rampai Penelitian Produk Inovatif Menuju Kemandirian UNJ); (2) Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan: Kontribusi Riset untuk Pendidikan Indonesia Masa Depan; (3) Mengukir Jejak Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat; dan (4) Bunga Rampai Program Pengabdian kepada Masyarakat: Melangkah Bersama (Kolaborasi dan Partisipasi Dalam Pengembangan Masyarakat). Peluncuran empat buku tersebut tentu akan memberikan informasi yang penting bagi civitas akademik UNJ dalam memberikan informasi terupdate dari produk inovasi dan jurnal serta pemikiran-pemikiran penting untuk memberikan solusi dalam pembangunan di bidang pendidikan, sains, humaniora, dan teknologi dari hasil penelitian untuk pemberdayaan masyarakat, tambah Prof. Komarudin.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Rektor UNJ, Dr. Dipl. Ing. Mulyadi Sinung Harjono selaku Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Industri BRIN dalam paparannya menjelaskan terdapat peluang dan tantangan hilirisasi hasil R&D perguruan tinggi dan lembaga riset di Indonesia pada era digital. Ia juga memberikan informasi tentang pengalaman BRIN dalam melakukan hilirisasi hasil R&D, papar Dr. Dipl. Ing. Mulyadi Sinung Harjono.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES