Indonesia Positif

Pakar Hukum FH UWG Malang Berkomitmen untuk Advokasi Lingkungan

Sabtu, 08 Juni 2024 - 09:22 | 6.98k

TIMESINDONESIA, MALANG – Dr. Purnawan Dwikora Negara, SH, MH, adalah seorang pakar hukum lingkungan dan dosen di Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang (FH UWG).

Sejak awal kariernya, Purnawan telah menunjukkan dedikasi yang kuat terhadap advokasi lingkungan, dimulai dari keterlibatannya dengan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Timur pada tahun 1990-an. Pengalaman ini menjadi modal berharga baginya ketika ia mulai mengajar di FH UWG, memungkinkan Purnawan untuk mengajarkan materi hukum lingkungan berdasarkan pengalaman nyata di lapangan.

Sebagai dosen, Purnawan mengampu mata kuliah Hukum Lingkungan dengan pendekatan praktis, di mana tugas-tugas yang diberikan kepada mahasiswa seringkali melibatkan investigasi kasus-kasus lingkungan nyata. Contoh nyata dari metode pengajarannya adalah tugas investigasi kasus pencemaran di pabrik kulit di Singosari, Kabupaten Malang sekitar tahun 2000-an, di mana mahasiswa melakukan pendampingan dengan dukungan dari WALHI Jawa Timur dan bahkan intervensi dari Menteri Lingkungan Hidup pada waktu itu.

Kontribusi Purnawan tidak hanya terbatas pada pengajaran. Ia juga aktif memberikan masukan kepada pemangku kebijakan pemerintah dalam menangani berbagai masalah lingkungan, tata ruang, dan sumber daya air di Batu, Kabupaten Malang. Aktivitas ini mencerminkan peran kampus berbasis keilmuan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah lingkungan serta pencemaran.

Selain aktivitas advokasinya, Purnawan juga terlibat dalam penelitian dan penulisan disertasi serta tesis tentang isu-isu lingkungan. Penelitiannya ini sering kali memberikan kontribusi penting bagi pengambil kebijakan, dengan pernyataan-pernyataannya yang bukan hanya mengkritik tetapi juga memberikan solusi. Purnawan menekankan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Dengan hampir 40 tahun pengalaman dalam membela hukum lingkungan, Purnawan telah menginspirasi banyak mahasiswanya untuk melanjutkan perjuangan dalam bidang ini. Kepakarannya dalam hukum lingkungan serta komitmennya terhadap advokasi lingkungan menjadikannya salah satu tokoh penting dalam bidang ini di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES