Indonesia Positif

Dishub Sumba Timur Siap uji Coba Sandar KMP Ferry di Pelabuhan Waingapu

Senin, 10 Juni 2024 - 15:40 | 12.75k
Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sumba Timur Bram Koli. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sumba Timur Bram Koli. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumba Timur siap uji coba sandar Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ferry milik Angkutan Sunga Danau dan Penyeberangan (ASDP) di pelabuhan Waingapu.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumba Timur Bram Koli, Senin (10/6/2024).

ia menjelaskan, dermaga pelabuhan penyeberangan yang akan diuji coba besok merupakan dermaga baru yang di renovasipada tahun 2021 dan selesai pada awal tahun 2023 lalu.

Menurut Bram, pembangunan fasiitas dermaga telah selesai dikerjakan seperti pekerjaan rehabilitasi sisi perairan (Movable Bridge), serta pekerjaan rehabilitasi fasilitas sisi darat yang meliputi pekerjaaan jalan lingkungan dan arel parkir serta pekerjaan rehabilitasi gedung terminal dan pagar keliling.

“Memang dermaga Ferry ini sudah rusak sejak tahun 2020 sehingga kapal Ferry tidak dapat bersandar dengan baik dikarenakan Movable Bridge mengalami kerusakan juga jalan dan terminalnya,” ujarnya.

Ia menyebut, uji coba yang akan dilakukan besok adalah uji coba Movable Bridge yang merupakan bangunan jembatan untuk memudahkan pelintasan kapal Ferry yang bergerak saat air pasang surut agar kendaraan dan penumpang nyaman saat turun dari kapal.

“Besok yang kita prioritaskan untuk uji coba yaitu Movable Bridge karena itu sangat penting untuk kapal dapat sandar dengan bergerak sesuai air pasang surut sehingga penumpang dan kendaraan bisa turun dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Bram juga menambahkan, uji coba besok sebetulnya disesuaikan dengan jadwal kapal Ferry masuk tiba di Waingapu pada pagi hari dari Bima. Namun dipertimbangkan dengan muatan yang sedikit maka pihaknya akan mengadakan uji coba pada pukul 04.00 WITA (sore) yang akan diuji coba dengan lintasan kapal Ferry dari Kupang – Aimere – Waingapu.

“Kita harap dengan uji coba ini sukses sehingga dalam tahun ini kapal Ferry yang melayani daerah NTT menyinggahi Waingapu sudah dapat beroperasi seterusnya dengan baik,” harap Bram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES