Indonesia Positif

UKM Mapala Unmuh Jember Sabet Dua Prestasi di Kejuaraan Arung Jeram Bupati Cup 2024

Senin, 10 Juni 2024 - 08:13 | 1.46k
Tim Arung Jeram Mapala Unmuh Jember saat mendayung perahu disaat lomba Bupati Cup Cabor Arung Jeram.
Tim Arung Jeram Mapala Unmuh Jember saat mendayung perahu disaat lomba Bupati Cup Cabor Arung Jeram.

TIMESINDONESIA, JEMBER – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara 1 dalam dua kategori bergengsi, Sprint dan Head to Head, pada Kejuaraan Arung Jeram Bupati Cup 2024.

Lomba yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (1-2/6/2024) di Dam Talang Jenggawah ini diselenggarakan oleh Dispora Jember dan menjadi ajang pembuktian bagi tim UKM Mapala Unmuh Jember.

Dalam ajang ini, tim arung jeram yang terdiri dari empat anggota yaitu Ach Jauharil Fahmi, Kabut Gwijangge, M. Syahrul Alvin Ridho, dan kapten tim Bintang Ramadhan Delendra berhasil menunjukkan performa luar biasa. Kombinasi antara dua anggota baru dan dua senior ini membuahkan hasil maksimal, mengalahkan berbagai tim tangguh dari seluruh Kabupaten Jember.

Persiapan menuju kejuaraan dilakukan dengan latihan rutin di Divisi Arung Jeram, khususnya di Sungai Bedadung setiap minggu. Setelah mendapat informasi mengenai lomba, intensitas latihan ditingkatkan menjadi setiap hari sejak H-7, dan pindah ke lokasi Dam Talang untuk menyesuaikan diri dengan medan perlombaan.

Tim sempat menghadapi tantangan mental saat melihat kompetitor saat latihan, namun dukungan dan keyakinan dari para senior memotivasi mereka untuk tetap percaya diri. Tantangan lain yang dihadapi adalah cuaca panas saat perlombaan, yang berbeda dengan kondisi latihan sore hari yang biasa mereka lakukan.

Pada kategori Sprint, penilaian didasarkan pada kecepatan waktu tempuh dengan jarak sekitar 200 meter. Teknik “paddle up” diterapkan dengan mengangkat dayung dan bersiap untuk memulai mendayung 5 detik sebelum race dimulai.

Sedangkan untuk kategori Head to Head, manuver 360 dan 180 derajat menjadi kunci keberhasilan. Komunikasi dan momentum manuver sangat penting agar perahu River Rubber Boat (RRB) tetap stabil setelah manuver dan tidak jauh dari boyan (penanda lintasan).

Kemenangan ini tidak hanya membawa nama baik UKM Mapala dan Unmuh Jember, tetapi juga membanggakan diri setiap anggota tim. Chemistry yang terbangun selama persiapan intensif dua minggu, ditambah dengan latihan rutin individu setiap minggu, menjadi kunci keberhasilan tim.

"Kami bangga bisa membawa nama baik Mapala dan universitas. Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras seluruh anggota," ujar kapten tim, Bintang Ramadhan Delendra. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES