Indonesia Positif

Danu Kuncoro Aji, Alumni STIKI Malang Berkiprah Sebagai Tech Dev Manager

Selasa, 11 Juni 2024 - 08:56 | 4.91k

TIMESINDONESIA, MALANG – Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan berbagai peluang dan tantangan dalam dunia industri. Salah satu posisi kunci yang muncul sebagai respons terhadap kebutuhan pengelolaan dan pengembangan teknologi adalah Tech Dev Manager. Peran ini tidak hanya penting dalam memimpin tim pengembang, tetapi juga dalam memastikan integritas dan keamanan sistem teknologi yang digunakan oleh perusahaan. Tulisan kali ini, mengajak kita mengenal Danu Kuncoro Aji, alumni STIKI Malang angkatan 2017, yang berkiprah sebagai Tech Dev Manager.

Danu Kuncoro Aji, saat ini bekerja sebagai Tech Dev Manager di Fluxgate. Fluxgate adalah perusahaan yang bergerak dalam Cyber Security, di Balwyn North, Australia. Danu bertanggung jawab dalam pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan website, manajemen server, keamanan siber, dan juga konsultasi teknis dengan klien internasional yang dilakukan secara remote di Indonesia. Banyak pengalaman dan hal menarik yang diperoleh Danu dalam menggeluti pekerjaan, "Selama bekerja saya memperoleh banyak pengalaman dan hal menarik. Salah satunya adalah bekerja secara remote dengan klien internasional. Sebagai seorang Tech Development Manager, saya sering berinteraksi dan menjadi tempat konsultasi untuk masalah teknis dengan klien dari berbagai negara. Perbedaan zona waktu dan budaya kerja memang menjadi tantangan, namun saya menikmati tantangan tersebut sebagai bagian dari pekerjaan," ungkap Danu.

Perjalanan karir Danu dimulai bahkan sebelum ia lulus dari STIKI Malang. Sejak Desember 2020, ia memulai posisi sebagai Tech Developer di Fluxgate. "Menjaga keseimbangan antara waktu dan tanggung jawab pekerjaan serta menyelesaikan skripsi tentu menjadi tantangan tersendiri. Namun, alhamdulillah saya berhasil mengelola semuanya dengan baik dan pada bulan November 2021 saya lulus tepat waktu sesuai target. Setelah lulus, saya terus bekerja keras dan pada awal tahun 2024, saya dipromosikan menjadi Tech Development Manager," jelasnya.

Karir yang diperoleh saat ini tidak lepas dari perjalanan studi yang Danu tempuh di STIKI Malang, hingga Danu menyelesaikan studinya di Program Studi Informatika pada tahun 2017. Danu menuturkan selama studi banyak ilmu praktik dan softskill yang telah didapatkannya. Keterampilan algoritma dan pemrograman menjadi hal wajib yang harus dikuasai selama studi.

Selain itu, keterampilan soft skill seperti bahasa Inggris dan public speaking juga turut diasah dan terbukti sangat bermanfaat dalam pekerjaannya saat ini. “Selain fasilitas yang mendukung serta dosen yang tidak pelit ilmu, saya belajar banyak keterampilan teknis dan praktis yang disajikan tidak hanya dalam kegiatan formal di kelas tetapi juga suasana akademik, yang memungkinkan mahasiswa leluasa untuk berkarya dan berkreativitas” katanya. Selama studi, Danu juga pernah menjadi tenaga pengajar TIK untuk siswa-siswa SMA/K yang dilaksanakan dibawah PPTIK STIKI Malang.

“Belajar di STIKI seru, mahasiswa tidak hanya belajar di kampus tetapi juga diberi kesempatan belajar di luar kampus yang tentunya itu menjadi pengalaman berharga buat mahasiswa. Terima kasih STIKI Malang,” ujarnya.

Danu menitipkan pesan untuk adik-adik mahasiswa STIKI Malang, yang masih menempuh studi “Jangan hanya kuliah biasa, tetapi perdalam keterampilan yang ingin dikuasai serta susun portofolio diri sebagai personal branding sejak masih kuliah, hal ini sangat bermanfaat untuk berkarir setelah lulus,” pesannya.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES