Indonesia Positif

Mahasiswa KKN UNIPMA Madiun Lakukan Penanaman Toga di Kelurahan Winongo, Madiun

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:25 | 8.17k
Tim mahasiswa KKN Periode 1 UNIPMA kelompok 3 melakukan penanaman Toga bersama masyarakat Kelurahan Winongo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Tim mahasiswa KKN Periode 1 UNIPMA kelompok 3 melakukan penanaman Toga bersama masyarakat Kelurahan Winongo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mahasiswa KKN Periode 1 dari UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam mendukung kegiatan Tanam Toga di RW 03 RT 10 Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Dengan berbagai aktivitas yang melibatkan masyarakat setempat, mahasiswa  juga menjadi pendorong utama dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penyesuaian diri terhadap pentingnya penanaman Toga.

Kegiatan dimulai pada Sabtu, 1 Juni 2024, dengan keterlibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan persiapan yang meliputi memberikan informasi fungsi tanaman toga sebagai tahapan menuju acara utama pada hari Minggu, 8 Juni 2024. Pada hari tersebut, mahasiswa aktif terlibat dalam kegiatan  sosialisasi dan penanaman tanaman toga.

Tanaman Toga,  yang merupakan singkatan dari tanaman obat untuk keperluan keluarga, dapat dimanfaatkan dengan cukup menggunakan lahan yang tersedia atau dengan cara menyiapkan pot-pot kecil sebagai media budidaya alternatif. Dalam rangka pemberdayaan tanaman Toga, langkah awal mencakup membersihkan lahan tanaman dari rumput liar, menyiapkan tanah sebagai media tanam, serta menyiapkan beberapa benih seperti sereh, jahe, kitolod, kunir temulawak, pandan yang akan kita tanam.

KKN-UNIPMA.jpg

Langkah kedua melaksanakan proses penanaman benih benih Sereh, jahe, kitolod, kunir temulawak, pandan di lahan yang sudah disiapkan.

Kemudian, tim KKN-T kelompok 3 Unipma Madiun melaksanakan perawatan tanaman Toga dengan menyiram dan membersihkan dari tanaman liar. Merawat tanaman Toga secara teratur untuk memastikan pertumbuhannya yang optimal. 

Hikmah, seorang warga RW 03 Kelurahan Winongo, menyambut baik ide penanaman tanaman Toga di lingkungannya. "Saya sangat mengapresiasi upaya tim KKN-T UNIPMA Kelompok 03 yang tekun dalam merawat dan menyiram tanaman Toga setiap hari. Saya berharap dengan adanya inisiatif baru ini, nilai jual produk tanaman Toga dapat meningkat atau bisa digunakan oleh warga sekitar," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES