Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa Unisma Malang Laksanakan Pengabdian di Desa Sumberejo: Fokus pada Pengembangan Layanan Kesehatan Anak

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:40 | 5.09k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang melakukan proses pendataan administasi posyandu Desa Sumberejo. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang melakukan proses pendataan administasi posyandu Desa Sumberejo. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekelompok mahasiswa Unisma Malang melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dengan tema "Pengembangan Layanan Kesehatan Anak," kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di desa tersebut, Senin (19/2/2024).

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh para mahasiswa dengan menggandeng Posyandu Desa Sumberejo sebagai mitra utama. Posyandu ini menjadi pusat kegiatan di mana berbagai program kesehatan anak diselenggarakan, mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin hingga penyuluhan tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya program pengabdian ini. Semoga bisa memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak di desa kami," kata Kepala Desa Sumberejo, Abdul Rohaman, menyambut baik inisiatif ini. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Ketua kelompok pengabdian, Abdurrahman Ajral Mushlihin, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang. "Kami ingin membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kesehatan anak. Dengan adanya program ini, diharapkan orang tua lebih memahami cara menjaga kesehatan anak-anak mereka," ujarnya.

Program yang berlangsung selama bulan Februari ini mencakup berbagai kegiatan, seperti penyuluhan kesehatan, pemeriksaan rutin anak, pemberian suplemen gizi, serta pelatihan bagi para kader Posyandu. Selain itu, mahasiswa juga memberikan edukasi tentang pentingnya sanitasi dan kebersihan lingkungan dalam mendukung kesehatan anak.

Kegiatan pengabdian ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada anak-anak dan keluarga mereka, tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat melalui pelatihan dan peningkatan kapasitas kader Posyandu. Diharapkan, program ini dapat menjadi model bagi pengembangan layanan kesehatan anak di daerah lain.

Kegiatan ini diakhiri dengan pesan dari Ketua Kelompok Pengabdian, Abdurrahman Ajral Mushlihin: "Kami berharap upaya kecil ini dapat membawa perubahan besar bagi kesehatan anak-anak di Desa Sumberejo. Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang," pesannya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES