Indonesia Positif

Wujudkan Gotong Royong dan Potensi Berbagai Sektor, Pemkab Malang Terima Penghargaan untuk Desa Ngabab 

Selasa, 11 Juni 2024 - 21:20 | 7.83k
Bupati Malang, HM Sanusi, saat menerima penghargaan Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, untuk Desa Ngabab Pujon sebagai Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik I Jawa Timur 2024, di Alun-alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024). (Humas Pemkab Malang)
Bupati Malang, HM Sanusi, saat menerima penghargaan Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, untuk Desa Ngabab Pujon sebagai Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik I Jawa Timur 2024, di Alun-alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024). (Humas Pemkab Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGPemkab Malang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pada acara Puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Provinsi Jawa Timur, di Alun-alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024). 

Penghargaan diserahkan Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, kepada Bupati Malang, HM Sanusi, dan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Budi Sarwoto. 

Penghargaan yang diterima Bupati Sanusi tersebut, menyusul Desa Ngabab Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, yang meraih Predikat Terbaik I Kategori Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik Jawa Timur 2024 untuk Kategori Desa. 

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir mendampingi Bupati Malang diantaranya Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaidah, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, Eko Margianto, serta Kepala Desa Ngabab, Amin Afandi.

''Terima kasih kepada masyarakat Desa Ngabab, Kecamatan Pujon yang telah meraih penghargaan Desa Terbaik I Pelaksana Gotong-royong. Terus bersemangat dan bergotong royong membangun desa," demikian Bupati Sanusi, atas penghargaan yang diterimanya, Selasa (11/6/2024). 

Dikatakan, Desa Ngabab memenuhi indikator-indikator yang ditentukan oleh tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jatim dan menunjukkan kondisi yang nyata di lapangan. 

"Harapannya, desa lain turut bergerak untuk menjadi desa yang terbaik," kata Bupati Malang usai menerima penghargaan dari podium utama.

Untuk diketahui, Desa Ngabab Pujon menyandang Predikat Desa Terbaik se Jatim, telah memenuhi indikator yang telah ditentukan oleh Provinsi Jawa Timur. Yakni, Indikator Kemasyarakatan; Indikator Ekonomi; Indikator Sosial budaya dan keagamaan; ⁠serta Indikator Kesehatan dan lingkungan. 

Sedangkan, potensi dan unggulan yang ada di Desa Ngabab antara lain, punya pengelolaan sampah terpadu, pos pelayanan terpadu ILP dan jiwa, wisata edukasi berbasis pertanian dan peternakan. 

Potensi lainnya, dengan keberadaan kelompok kesenian, menggelar donor darah rutin sebulan 2 kali, gotong royong pembangunan masjid berbasis swadaya masyarakat. 

Desa Ngabab juga punya Kampung Batik dengan ciri khas batik “Sebo” dengan motif sayur dan ternak.

Selain Desa Ngabab di Kabupaten Malang, untuk Kategori Kelurahan Terbaik I, diraih Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES