Indonesia Positif

STIKI Malang Perkuat Luaran Penelitian Serta Kegiatan Pengabdian Melalui Hibah

Rabu, 12 Juni 2024 - 05:53 | 7.63k

TIMESINDONESIA, MALANG – Pendidikan tinggi memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta aplikasinya dalam kehidupan nyata. Luaran penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar utama dalam meningkatkan kualitas dan relevansi akademis suatu institusi pendidikan tinggi.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STIKI Malang terus berupaya mengembangkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat melalui perencanaan, pengembangan dan implementasi peta jalan penelitian dan PKM.

Pada Tahun 2024, LPPM STIKI Malang, memperoleh berbagai pendanaan hibah dari kemendikbud ristek Dikti, untuk memperkuat luaran penelitian dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Sebanyak 4 hibah penelitian serta 1 hibah pengabdian masyarakat, dengan berbagai tujuan yang berbeda.

Dari hibah yang diperoleh, ada tiga hibah yang memiliki fokus pada teknologi 3D, Metaverse dan teknologi blockchain, dimana hal ini sejalan dengan kegiatan riset yang telah dilakukan pada laboratorium metaverse dan laboratorium AI di STIKI Malang. Sedangkan Hibah penelitian lain ditujukan untuk mengkaji pelaksanaan program Merdeka Belajar yang juga telah dilaksanakan oleh STIKI Malang sejak 2020.

Selain hibah penelitian, LPPM juga memperoleh hibah pengabdian untuk memperkuat hasil penelitian laboratorium Multimedia & Programming berupa pengembangan media belajar bagi siswa berkebutuhan khusus dengan teknologi Virtual Reality.

Seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ini akan melibatkan 12 dosen baik pada Program Studi Informatika, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual. Pendanaan proyek penelitian serta pengabdian masyarakat yang bersumber dari Kemendikbud Ristekdikti ini, juga akan melibatkan mahasiswa lintas program studi, untuk memberikan pengalaman belajar memecahkan permasalahan riil. Obyek penelitian dalam proyek ini antara lain kampung wisata di Kota Malang, UMKM, serta Sekolah.

Selamat untuk 10 Dosen STIKI Malang atas perolehan hibahnya yaitu Addin Aditya, S.Kom., M.Kom., Rahmat Kurniawan, S.Pd., M.Pd, Adnan Zulkarnain, S.Kom., M.MSI., Mukhlis Amien, S.Kom., M.Kom., Rina Nurfitri, S.Pd., M.Pd., Yekti Asmoro Kanthi, S.Si., M.AB., Siti Aminah, S.Si., M.Pd.,  Anita, S.Kom., M.T., Bpk Subari, S.Kom., M.Kom., serta Nira Radita, S.Pd., M.Pd.

Semoga seluruh rangkaian proses kegiatan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat seluas-luasnya kepada ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Peran LPPM STIKI Malang melalui berbagai penelitian ini, menunjukkan komitmen dalam memberikan kontribusi positif melalui inovasi dan teknologi. Peroleh hibah ini, mencerminkan peran aktif STIKI Malang dalam mengembangkan penelitian aplikatif serta pengabdian diharapkan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat maupun industri.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES