Indonesia Positif

Donor Darah Hari Bhayangkara ke-78 di Polres Malang Dapatkan Ratusan Kantong Darah

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:26 | 7.93k
Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, saat menyapa para pendonor saat kegiatan donor darah massal dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Kepolisian Resor Malang, di Lapangan Tennis Mapolres Malang, Rabu (12/6/2024). (Humas Polres Malang)
Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, saat menyapa para pendonor saat kegiatan donor darah massal dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 di Kepolisian Resor Malang, di Lapangan Tennis Mapolres Malang, Rabu (12/6/2024). (Humas Polres Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kegiatan donor darah massal dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 digelar Kepolisian Resor Malang (Polres Malang), Polda Jawa Timur, di Lapangan Tennis Mapolres Malang, Rabu (12/6/2024). Ratusan kantong darah didapatkan dari para pesereta donor tersebut. 

Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara mengungkapkan, melalui kegiatan ini Polres Malang memberikan kontribusi nyata bidang kesehatan dan kemanusiaan. Kegiatan donor darah ini terlaksana dengan kerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang dan Kedokteran Kepolisian Polres Malang. 

"Kegiatan bakti kesehatan donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Polri. Dengan mengajak sejumlah elemen masyarakat, kami targetkan bisa mengumpulkan sekitar 500 kantong darah," jelas Ipda Dicka di Polres Malang, Rabu (12/6/2024).

Donor darah ini diikuti dengan antusias berbagai kalangan, termasuk personel Polres Malang, TNI, Bhayangkari, dan masyarakat. Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari TNI Batalyon Zipur 5/ABW, Kodim 0818 Malang-Batu, Bhayangkari, serta masyarakat umum.

"Donor darah memiliki nilai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat. Setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Ketersediaan darah sangat dibutuhkan dalam situasi apapun, seperti kejadian kecelakaan, operasi, maupun situasi darurat lainnya," terang Ipda Dicka. 

Selain membantu sesama, donor darah juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan produktivitas sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung. Kegiatan Polres Malang ini, lanjutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah, dan secara khusus mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat.

"Harapannya melalui kegiatan bakti sosial ini, kami dapat membantu meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan sekaligus menunjukkan kehadiran Polri dalam memberikan pelayanan di tengah masyarakat," tambah Ipda Dicka.

Setidaknya, tercatat hari ini ada 194 orang pendonor di Polres Malang, dimana 114 orang berhasil melaksanakan melakukan donor, dan 80 orang tidak memenuhi syarat dengan alasan HB dan tensi tinggi, dan sebab lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES