Indonesia Positif

Mahasiswa Kelompok 2 KKN-T UNIPMA Melakukan Pemberdayaan Hidroponik di Winongo

Jumat, 14 Juni 2024 - 15:04 | 9.90k
Mahasiswa KKN UNIPMA membuat tanaman hidroponik di Lingkungan RW 10 Winongo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN UNIPMA membuat tanaman hidroponik di Lingkungan RW 10 Winongo. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Guna mendukung Program Kampung Iklim dan ketahanan pangan di RW 10 Kelurahan Winongo, mahasiswa kelompok 2 KKN-T Periode 1 UNIPMA 2024 melakukan pemberdayaan kembali hidroponik. Hidroponik merupakan soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Hidroponik memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media dengan memenuhi kebutuhan nutrisi (unsur hara) setiap tanaman dapat tumbuh dengan baik walaupun tidak menggunakan media tanah. 

Penanaman tanaman hidroponik dilakukan di Perumahan Bumi Winongo Indah, tepatnya RT 31 RW 10 Kelurahan Winongo. Dengan didampingi oleh Nyono selaku Ketua RW 10 dan Gembong selaku Ketua RT 31, mahasiswa KKN kelompok 2 melakukan penanaman hidroponik mulai dari menyiapkan kebutuhan hidroponik, penyemaian benih berupa benih kangkung, pemindahan bibit tanaman kangkung dari media tanam cocopeat ke netpot dan air, hingga perawatan tanaman hidroponik yang sudah tumbuh. 

membuat-tanaman-hidroponik.jpg

Kegiatan penanaman tanaman hidroponik ini dilakukan mulai Sabtu, 1 Juni 2024 hingga 18 Juni 2024 di lahan RT 31 RW 10 Kelurahan Winongo tepatnya di belakang masjid Al-Fitri Perum BWI 1. 

Mahasiswa belajar menanam tanaman secara hidroponik dengan pengarahan dari Bapak Gembong Santoso. Pertama, mahasiswa kelompok 2 KKN-T UNIPMA 2024 melakukan penyemaian pada media cocopeat.

Setelah tujuh hari penyemaian, mahasiswa KKN kelompok 2 melakukan pemindahan bibit pada netpot dan pada media air. Mahasiswa KKN-T kelompok 2 UNIPMA juga ikut merawat tanaman hidroponik dengan melakukan perawatan penambahan air dan pengecekan tanaman. 

Diharapkan dengan adanya penanaman kembali hidroponik di lingkungan RW. 10 Kelurahan Winongo oleh mahasiswa KKN-T Unipma Madiun kelompok 2, peralatan hidroponik yang ada dapat tetap dimanfaatkan untuk ketahanan pangan masyarakat sekitar dan digunakan untuk menambah estetika di lingkungan RW. 10. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES