Indonesia Positif

Mahasiswa FH UWG Malang Gelar Studi Klinis ke PTUN Surabaya dan Pengadilan Militer Tinggi III-12 Surabaya

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:11 | 8.66k

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Widyagama Malang (FH UWG Malang) mengadakan kegiatan "Studi Klinis ke PTUN Surabaya dan Pengadilan Militer Tinggi III-12 Surabaya", Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa yang sedang menempuh Mata Kuliah Hukum Acara Tata Usaha Negara mengenai karakteristik hukum acara peradilan tata usaha negara.

Kegiatan studi klinis dimulai dengan kunjungan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. Di sini, para mahasiswa diberikan materi oleh Hakim Firman, S.H., M.H., yang menjelaskan secara rinci mengenai praktik riil proses persidangan di PTUN.

Studi-Klinis.jpg

Materi yang disampaikan tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga memberikan gambaran praktis mengenai proses persidangan di PTUN. Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab yang interaktif, di mana mahasiswa dapat langsung bertanya kepada hakim tentang berbagai hal yang mereka ingin ketahui.

Pada akhir sesi di PTUN, dilakukan pertukaran plakat sebagai simbol kenang-kenangan dan kerja sama antara Universitas Widyagama Malang dan PTUN Surabaya. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dan pemateri.

Setelah kunjungan ke PTUN, kegiatan dilanjutkan di Pengadilan Militer Tinggi III-12 Surabaya. Di sini, mahasiswa disambut oleh Kepala Pengadilan Militer III-12 Surabaya, Kolonel Chk Sugeng Aryanto, S.H., M.H., yang juga menjadi pemateri dalam sesi tersebut. Kolonel Sugeng Aryanto memberikan penjelasan mengenai struktur dan fungsi pengadilan militer, serta prosedur persidangan yang berlaku di lingkungan militer.

UWG-Malang-study.jpg

Sesi di Pengadilan Militer juga diwarnai dengan diskusi tanya jawab yang hangat, di mana mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar peradilan militer. Kolonel Sugeng Aryanto menjawab setiap pertanyaan dengan jelas dan komprehensif, sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai sistem peradilan militer di Indonesia.

Sebagai penutup kegiatan di Pengadilan Militer, dilakukan penyerahan plakat sebagai tanda penghormatan dan apresiasi. Para mahasiswa dan pemateri kemudian berfoto bersama sebagai kenang-kenangan atas kunjungan tersebut. Tidak hanya itu, mahasiswa juga berkesempatan menyaksikan langsung sidang peradilan militer yang sedang berlangsung, memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam memahami proses peradilan militer.

Kegiatan studi klinis ini memberikan manfaat besar bagi mahasiswa Fakultas Hukum UWG Malang, memperkaya pengetahuan mereka tentang hukum acara tata usaha negara dan peradilan militer, serta memberikan pengalaman langsung yang sangat berharga dalam pembelajaran hukum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES