Indonesia Positif

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, KAWALI Tegal Raya Aksi Tanam 3000 Bibit Pohon

Sabtu, 15 Juni 2024 - 16:41 | 21.84k
Aksi Tanam 3000 Bibit Pohon Jati, Kawalli Tegal Raya, DLH, BPSDA Pemali dan Kepala CDK Wilayah V Jateng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Foto: Cahyo Nugroho For TIMES Indonesia)
Aksi Tanam 3000 Bibit Pohon Jati, Kawalli Tegal Raya, DLH, BPSDA Pemali dan Kepala CDK Wilayah V Jateng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Foto: Cahyo Nugroho For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Penujah Kabupaten Tegal pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi titik sasaran kegiatan para aktivis Iingkungan hidup KAWALI atau Koalisi Indonesia Lestari untuk melakukan penghijauan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh pada Rabu, 5 Juni 2024 serta kerap diperingati sebagai momen kolaborasi meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi satu instrumen penting digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik pada tingkat dunia.

Lembaga Lingkungan Hidup KAWALI Tegal Raya atau lengkapnya Koalisi Indonesia Lestari merupakan LSM (lembaga swadaya masyarakat ) berpusat di Jakarta dan fokus soal lingkungan hidup memiliki sekretariat di Jalan Raya Desa Pendawa Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Aksi-Tanam-3000-Bibit-Pohon-Jati-b.jpg

Mawardi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal saat sambutan pembuka giat tanam bibit pohon di halaman TPA Penujah Sabtu 15 Juni 2024 mengakui bahwa giat penanaman 3000 bibit pohon Jati di kawasan TPA Penujah merupakan inisiasi aktivis KAWALI Tegal Raya.

"Kami berterimakasih adanya inisiasi dari KAWALI selain menjadikan kawasan TPA Penujah hijau juga sekaligus menjadi tali perkuatan sinergitas semua pihak dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 menjadi momentum kepedulian," ujarnya.

Dijelaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup adanya penanaman 3000 bibit pohon jenis Jati sepanjang kawasan TPA kelak di masa mendatang akan lebih membuat kawasan TPA Penujah ini hijau dan asri.

Aksi-Tanam-3000-Bibit-Pohon-Jati-c.jpg

"Jadi nantinya Kawasan TPA Penujah ini akan tertutup asrinya pohon, selain dapat menyerap air tanah, bibit pohon sebanyak 3000 ini kelak akan mampu menyaring udara, jadi setidaknya aroma sampah pun terfilter oleh pepohonan," tegasnya.

Selanjutnya Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) menambahkan bahwa menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia  2024 Pemkab Tegal memiliki 12 rangkaian acara kegiatan dan salah satunya acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 30 Juni 2024 di Waduk Cacaban.

Selain itu, dirinya mengajak peserta dalam penanaman 3000 bibit pohon untuk saling getuk tular agar masyarakat lain tumbuh kesadaran lebih mencintai dan menjaga ekosistem lingkungan hidup sehingga kualitas udara yang baik akan tetap terjaga.

Nampak hadir dalam giat penanaman 3000 bibit pohon Kepala Wilayah V Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal, Camat Kedungbanteng serta perwakilan BPSDA Pemali Jawa Tengah dan beberapa Komunitas pencinta lingkungan hidup.

Untuk diketahui, TPA Penujah seluas 4,1 hektar merupakan lokasi penampungan sampah di Kabupaten Tegal dengan rata rata volume menerima 500 ton perhari sehingga perlu ada inovasi terbaru untuk mengurangi tumpukan sampah agar tidak menumpuk dan mengunung.

"Sehari 500 ton masuk ke TPA Penujah perharinya, jadi perlu inovasi inovasi agar sampah tidak menjadi bukit sampah, Nah untuk Inovasi terbaru merupakan salah satu faktor dalam mengurangi sampah, sehingga giat KAWALI berkolaborasi dengan semua stakeholder merupakan giat yang tepat," jelas Kepala DLH Kabupaten Tegal.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAWALI Daryanto mengungkapkan bibit pohon selain dapat bantuan dari masyarakat, juga dari bantuan stakeholder di Brebes, Tegal dan Slawi. "3000 Bibit Pohon ini merupakan bantuan dari berbagai pihak, aksi tanam ribuan pohon ini kami mengandeng semua pihak agar bersama sama menghijaukan TPA Penujah dan kawasan lainnya di Kabupaten Tegal," tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES