Indonesia Positif

Fakultas Perikanan dan Peternakan Gelar Workshop Handling Kurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 20:16 | 10.20k
Nanang Suhariyono, Penasehat Juru Sembelih Halal (Juleha) Lamongan saat memberikan penjelasan tentang tata cara dalam menyembelih kambing kurban. Sabtu, (15/6/2024). (Foto: Unisla)
Nanang Suhariyono, Penasehat Juru Sembelih Halal (Juleha) Lamongan saat memberikan penjelasan tentang tata cara dalam menyembelih kambing kurban. Sabtu, (15/6/2024). (Foto: Unisla)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Fakultas Perikanan dan Peternakan (FPP) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggelar workshop bertajuk “Mewujudkan Penyembelihan Ternak Kurban dan Penanganan Daging yang Halal” Sabtu, (15/6/2024).

Acara ini menghadirkan M. Zainuddin Alanshori, dari Badan Pengembangan Industri Halal MUI Jawa Timur dan Nanang Suhariyono, Penasehat Juru Sembelih Halal (Juleha) Lamongan sebagai pemateri. 

Workshop yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Peternakan Unisla, para pemateri memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan sesuai dengan syariat Islam, serta cara menangani daging kurban agar tetap halal dan berkualitas.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Perikanan dan Peternakan Unisla, Faisol Mas’ud, berharap acara ini dapat diselenggarakan kembali tahun depan dengan cakupan yang lebih luas.

"Jangan sampai kita melukai hewan tersebut karena ada cara penyembelihan hewan yang tidak baik. Halal itu penting bagi kita semuanya,” ujarnya.

Nanang-Suhariyono.jpg

Faisol juga menekankan pentingnya edukasi dan praktek penyembelihan yang benar agar tercipta kesadaran akan pentingnya aspek halal dalam setiap prosesnya.

"Siapapun mahasiswa sudah seharusnya memiliki keterampilan dan paham tata cara dalam penyembelihan hewan kurban dengan syariat agama Islam," katanya. 

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya prosedur penyembelihan dan penanganan daging yang sesuai dengan kaidah halal, sehingga mereka dapat menerapkannya di lapangan dan berkontribusi dalam menciptakan industri halal yang lebih baik di masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ardiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES