Indonesia Positif

Vakum Lama, Pustu Karanganyar Banjarnegara Kembali Dihidupkan  

Rabu, 19 Juni 2024 - 17:07 | 18.09k
Launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Margo Utomo dan Pustu Desa Karanganyar ditandai dengan pelepasan balon. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Margo Utomo dan Pustu Desa Karanganyar ditandai dengan pelepasan balon. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Setelah sekian lama vakum karena tidak ada tenaga kesehatan, Puskesmas Pembantu (Pustu) Karanganyar Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara kembali dihidupkan.

Kegiatan ditandai dengan launching Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Margo Utomo dan Pustu Desa Karanganyar (Wilayah kerja UPTD Puskesmas Madukara 1) Rabu (19/6/2024).

Launching digelar di Aula Desa Karanganyar dihadiri jajaran Forkopimcam Madukara, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Kades Karanganyar Tarso, kader kesehatan desa, BPD, kader Posyandu, perangkat desa dan sejumlah tokoh masyarakat desa setempat.

pelepasan-balon-2.jpg

Pj Camat Madukara Aryantho Arif SS MM saat ditanya TIMES Indonesia menyampaikan Pustu ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan menyeluruh guna mendukung kualitas hidup sehat masyarakat Karanganyar dan sekitarnya.

"Semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Tugas pokoknya adalah membantu Puskemas dalam proses pelayanan di siklus hidupnya dari mulai balita, lansia hingga calon pengantin dan ibu hamil bisa terlayani di sini," ujarnya.

pelepasan-balon-3.jpg

Dengan adanya Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Margo Utomo dan Pustu Desa Karanganyar maka akan membantu percepatan pelayanan terhadap pasien karena sudah ada deteksi dini dari Postu.

Sehingga Pustu ini akan dijaga oleh minimal 1 bidan dan 2 kader kesehatan yang sudah terlatih.

"Jadi Pustu ini berfungsi untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat pedesaan terutama dalam deteksi awal penyakit yang diderita pasien. Jadi sebelum pasien dilarikan ke Rumah Sakit (RS) pasien diperiksa dan diobati disini," katanya.

"Jika petugas Pustu tidak mampu merawat pasien, maka dirujuk ke Puskemas atau ke Rumah Sakit terdekat," sambung Arif seraya menambahkan upaya ini salah satu upaya meningkatkan mutu kesehatan warga Karanganyar dan sekitar.

Senada juga disampaikan Kades Karanganyar, Tarso dan Sekdes Salihin. "Puskesmas pembantu atau sekarang disebut Pustu ini pada dasarnya melanjutkan program yang sudah ada sebelumnya. Karena tidak ada tenaga ahlinya Puskesmas sempat vakum lama. Dan setelah ada bidan desa, pos ini dihidupkan kembali," ujarnya.

Pustu ini diharapakan ke depan, memiliki dokter, untuk sementara diampu oleh 1 bidan desa dan kader kesehatan Desa Karanganyar Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES