Indonesia Positif

IPM Bontang Meningkat Setiap Tahun, Pemkot Genjot Peningkatan SDM

Kamis, 20 Juni 2024 - 13:59 | 10.97k
Peningkatan SDM masyarakat menjadi salah satu upaya Pemkot Bontang yang digenjot dalam RPJMD (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Peningkatan SDM masyarakat menjadi salah satu upaya Pemkot Bontang yang digenjot dalam RPJMD (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Indeks Pertumbuhan Masyarakat (IPM) Bontang secara rata-rata lebih tinggi dari rata-rata standar Kalimantan Timur. Pertumbuhan itu meningkat setiap tahunnya.

Dari data BPS diketahui rata-rata IPM di Kaltim hanya 70,50. Sementara Kota Bontang mencapai pertumbuhan signifikan sebesar 81,6 selama tahun 2023. Data ini mengalami peningkatan terbesar sepanjang tahun. Yakni sebesar 0,6.

“Dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Mengalami peningkatan signifikan dari periode sebelumnya,” ujar Kepala BPS Bontang Nur Wahid.

Nur Wahid pun menjelaskan angka IPM bukan merupakan perbandingan pertumbuhan antar wilayah. Angka IPM mengindikasikan pertumbuhan dari 3 indikator masyarakat. 

Sementara Indikator IPM itu sendiri meliputi bidang pendidikan kesehatan  dan perekonomian. “Semua meningkat dalam 3 indeks itu,” jelasnya.

Sementara Pemerintah Kota Bontang melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bontang, Amiruddin, terkait peningkatan IPM itu akan terus optimalkan peningkatan daya saing SDM masyarakat Kota Bontang.

Keseriusan itu telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahunan.

“Kami fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan untuk mengatasi tantangan ini,” ujar Amiruddin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES