Indonesia Positif

DWP UIN KHAS Jember Berbagi Tips Sehat dan Bahagia di Usia 40 ke Atas

Senin, 24 Juni 2024 - 12:46 | 8.77k
Ketua DWP UIN KHAS Jember, Luluk Sulthoniyah Hepni saat memberikan sambutan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ketua DWP UIN KHAS Jember, Luluk Sulthoniyah Hepni saat memberikan sambutan (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengadakan talk show kesehatan bertajuk "Life After Forty: Tetap Sehat dan Bahagia Selama Masa Menopause".

Kegiatan berlangsung di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada Jumat, 20 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN KHAS Jember, Profesor Hepni, beserta jajaran dekanat FEBI.

Uniknya, kegiatan itu bersamaan dengan momen hari ulang tahun Ketua DPW UIN KHAS Jember, Luluk Sulthoniyah Hepni. Dalam kesempatan tersebut juga ada proses purna lepas salah satu anggota DWP. 

Ketua DWP UIN KHAS Jember, Luluk Sulthoniyah Hepni menjelaskan, bahwa talk show ini merupakan bagian dari upaya DWP untuk membekali perempuan, khususnya anggota DWP, dengan pengetahuan mengenai perawatan kesehatan fisik, psikologis, dan produktivitas kerja setelah memasuki usia 40 tahun. "Termasuk kita sebagai ibu-ibu juga," tambah Luluk Sulthoniyah Hepni.

Luluk menjelaskan, memasuki usia 40 tahun, perempuan umumnya akan mengalami perubahan signifikan, terutama terkait menopause. "Perubahan fisik ini sangat memengaruhi keseimbangan emosional," ujarnya.

Selain itu, ia menekankan pentingnya peran seorang istri dalam mendukung tugas suami yang berprofesi sebagai ASN.

"Jika gagal dalam mengelola emosi, ini bisa berdampak buruk pada kualitas kerja suami dan pelayanan publik," kata Luluk.

Profesor-Hepni.jpg

Rektor UIN KHAS Jember, Profesor Hepni dalam sambutannya mengutip salah satu doa Nabi Ibrahim AS, yang berbunyi: "Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqina imama.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." 

Menurut Profesor Hepni, doa ini bukan hanya permohonan kesalehan semata, tetapi juga resep untuk menjaga kesehatan dan keharmonisan rumah tangga. 

"Kalimat 'Qurrota A'yun' adalah nikmat dari Allah agar pasangan saling membahagiakan," jelasnya.

Profesor Hepni berharap agar doa tersebut selalu diamalkan untuk meraih kebahagiaan rumah tangga yang kentara bermuara pada kesehatan. 

"Menurut saya, amalan Nabi Ibrahim AS ini adalah dasar kebahagiaan dalam rumah tangga, dengan demikian sudah tentu baik bagi kesehatan," tandasnya.

Talk show tersebut menghadirkan dua narasumber utama: dr. Dwi Ayu Astari Paramitha dan psikolog Nurhasanah, yang memberikan wawasan mendalam mengenai kesehatan dan kebahagiaan selama masa menopause. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES