Indonesia Positif

Kolaborasi Prodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA dan BPS Kota Madiun, Beri Edukasi tentang Inflasi dan UKT

Selasa, 25 Juni 2024 - 13:58 | 6.90k
Penyerahan cinderamata oleh Kepala BPS Kota Madiun kepada Kaprodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Penyerahan cinderamata oleh Kepala BPS Kota Madiun kepada Kaprodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kerjasama Prodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) diwujudkan dalam berbagai kegiatan kolaborasi. Pojok Statistik dengan Agen Statistik UNIPMA, webinar series mengenai statistika dan berbagai pelatihan merupakan beberapa contoh kegiatan kolaborasi kedua instansi. Melalui Program Mozaik Indonesia RRI Pro 1 Madiun dengan mengusung tema Inflasi dan UKT, BPS Kota Madiun dan Prodi D3 Manajemen Pajak memberikan edukasi mengenai hubungan Inflasi dan Uang Kuliah Tunggal pada Rabu (12/06/2024).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) menjadi perbincangan hangat di masyarakat Ketika ada rencana kebijakan tentang kenaikan UKT yang menyebabkan makin mahalnya biaya Pendidikan di perguruan tinggi. BPS Kota Madiun menyoroti tentang apa saja faktor pemicu kenaikan UKT serta dampak kenaikan UKT terhadap inflasi. 

“Kedua hal ini, yaitu inflasi dan UKT diibaratkan telur dan ayam, keduanya tidak ada yang mendahului, tidak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi satu sama lain," ujar Abdul Aziz, Kepala BPS Kota Madiun. 

UKT yang merupakan biaya yang harus dibayarkan selama menjadi mahasiswa aktif turut dibahas kaitannya dengan naik turunnya angka inflasi.

Kaprodi-D3-Manajemen.jpg

Kaprodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA dan Kepala BPS Kota Madiun memberi edukasi tentang inflasi dan Uang Kuliah Tunggal. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

Sementara itu, kaprodi D3 Manajemen Pajak UNIPMA Madiun, Aliffianti Safiria Ayu Ditta, S.E., M.Ak mengungkapkan bahwa banyak kampus terdampak dengan adanya kenaikan UKT, meskipun baru sekedar wacana dan rencana, karena masyarakat sangat mudah menerima informasi yang beredar sekarang. Komponen biaya UKT yang terdiri dari beberapa variabel seperti biaya pembelajaran di dalam kelas, biaya pembelajaran di luar kelas, pembimbingan dan ujian skripsi serta biaya pembimbingan mahasiswa baik akademik maupun non akademik, pasti akan terdampak dengan adanya inflasi. 

“Padahal komponen perhitungan inflasi juga memasukkan biaya UKT sebagai biaya konsumsi rumah tangga, sehingga benar adanya kalau inflasi dan UKT seperti ayam dan telur, tidak ada yang saling mendahului,” ungkapnya. 

Melalui edukasi ini, baik BPS Kota Madiun dan Prodi D3 Manajemen Pajak berharap masyarakat mengetahui mengenai bagaimana inflasi dan UKT ini saling terkait satu sama lain, dan dapat mempersiapkan biaya Pendidikan tinggi melalui perhitungan dan perkiraan tren inflasi yang terjadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES