Indonesia Positif

Kukuh Alfian Hanif, Backend Engineer Lulusan STIKI Malang

Selasa, 25 Juni 2024 - 16:50 | 7.61k

TIMESINDONESIA, MALANG – Di era digital yang semakin maju, peran Backend Engineer menjadi sangat penting dalam memastikan kinerja aplikasi dan situs web berjalan dengan lancar dan efisien. Backend Engineer bertanggung jawab atas logika server, integrasi API, dan pengelolaan basis data yang sangat vital bagi operasional aplikasi modern.

Kebutuhan akan Backend Engineer yang handal semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan kompleksitas sistem yang harus dihadapi. Melalui artikel ini, kita akan mendengar kisah sukses salah satu alumni STIKI Malang, Kukuh Alfian Hanif, yang saat ini berkarir sebagai Backend Engineer di PT Qiscus Tekno Indonesia.

Kukuh Alfian Hanif, alumni Program Studi Informatika STIKI Malang angkatan 2019, kini telah sukses mengukir karir sebagai Backend Engineer di PT Qiscus Tekno Indonesia. Dalam testimoninya, Kukuh mengungkapkan rasa syukurnya atas pendidikan yang luar biasa yang diterimanya di STIKI Malang. "Pendidikan di STIKI Malang luar biasa! Dosen-dosennya berkualitas dan inspiratif, selalu mendukung perkembangan saya. Terima kasih STIKI Malang!" ujar Kukuh.

Kukuh menjelaskan bahwa tugas utamanya sebagai Backend Engineer meliputi integrasi dengan berbagai platform pihak ketiga seperti WhatsApp, Instagram, dan Telegram. Keahlian yang didapatnya selama kuliah di STIKI sangat bermanfaat dan bisa diterapkan langsung di dunia kerja. "Ilmu yang didapatkan selama masa kuliah di STIKI Malang sangat bermanfaat dan dapat diterapkan di dunia kerja. Pengetahuan tentang pemrograman, algoritma, dan struktur data membantu dalam pengembangan backend yang efisien. Pemahaman tentang sistem basis data, jaringan komputer, dan sistem operasi sangat penting dalam mengelola dan mengoptimalkan kinerja aplikasi serta infrastruktur server," kata Kukuh.

Selain itu, Kukuh juga menekankan pentingnya mata kuliah tentang keamanan informasi dan metodologi pengembangan perangkat lunak seperti Agile dan Scrum. "Mata kuliah tersebut mempersiapkan saya untuk menghadapi tantangan keamanan dan manajemen proyek di lingkungan kerja profesional," tambahnya.

Suasana belajar mengajar di STIKI Malang yang kondusif dan mendukung, dengan dosen-dosen yang berpengalaman dan kompeten, sangat membantu dalam pengembangan akademik serta keterampilan praktis mahasiswa. "Kegiatan belajar mengajar seringkali melibatkan diskusi interaktif, kerja kelompok, dan proyek nyata yang mendekati situasi di industri," jelas Kukuh.

Kesan Kukuh Alfian Hanif terhadap STIKI Malang sangat positif. Ia merasa bahwa kampus ini telah memberikan fondasi yang kuat dalam bidang informatika, dengan dosen-dosen yang berdedikasi dan fasilitas yang memadai. Pengalaman belajar yang interaktif dan beragam proyek praktis yang diberikan telah mempersiapkannya dengan baik untuk dunia kerja. "Setelah lulus, ilmu dan keterampilan yang saya peroleh terbukti sangat berguna dalam menjalankan peran saya sebagai Backend Engineer," katanya.

Untuk kampus tercinta, Kukuh berharap agar STIKI Malang terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperbarui kurikulum sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru, serta terus mendukung mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Sebagai pesan untuk teman-teman mahasiswa yang masih kuliah, Kukuh berpesan, "Never forget the importance of hands-on practice in gaining knowledge!"

Kukuh juga berbagi pengalaman unik dan mengesankan selama di STIKI Malang, seperti mengikuti studi independen dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dapat menghemat waktu perkuliahan. "Pengalaman ini sangat berharga dan memberikan banyak pelajaran praktis yang berguna dalam dunia kerja teknologi," ujarnya menutup testimoni. Terima kasih STIKI Malang atas pengalaman dan pendidikan yang berharga!

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan. STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES