Indonesia Positif

STIKI Malang Terus Mendorong Kerjasama Proyek Sebagai Living Lab Bagi Mahasiswa

Rabu, 26 Juni 2024 - 16:21 | 6.34k

TIMESINDONESIA, MALANG – Living lab merupakan sebuah konsep inovatif, di mana lingkungan nyata digunakan sebagai tempat untuk mengembangkan, menguji, dan menerapkan solusi teknologi yang berkelanjutan.

Melalui living lab, berbagai pihak seperti akademisi, pemerintah, industri, dan masyarakat berkolaborasi untuk menciptakan inovasi yang relevan dan berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari.

Konsep ini memungkinkan proses pengembangan teknologi yang lebih iteratif dan partisipatif, dengan mengutamakan kebutuhan pengguna akhir serta kondisi lokal.

STIKI Malang melalui Pusat Bisnis, saat ini telah memiliki beberapa unit yang ditujukan untuk menghasilkan produk komersial dari perguruan tinggi yang bisa dipergunakan oleh berbagai pihak.

Pusat pelatihan TIK (PPTIK) merupakan salah satu unit yang berfungsi menyelenggarakan pelatihan baik untuk lembaga pendidikan seperti TK-SMA, perguruan tinggi, maupun untuk pemerintah dan institusi bisnis.

Selain pelatihan, PPTIK juga secara rutin menyelenggarakan pelatihan serta sertifikasi yang bisa diikuti bagi masyarakat umum.  PJ Global School salah satu mitra PPTIK yang telah bekerjasama dalam pelatihan TIK bagi siswa-siswa SD-SMA.

PPTIK juga memberikan wawasan internasional melalui kegiatan siswa ke Luar Negeri serta pendampingan lomba.

Tahun 2023, dalam lomba STEAM yang diadakan oleh National Taiwan Normal University, tim SMP PJ Global berhasil memperoleh penghargaan juara 1 sedangkan tim SMA memperoleh penghargaan the best team. 

Selain PPTIK, ada unit ProTIK dan ProMed yang berfungsi untuk menyediakan solusi dibidang TIK dan Multimedia.

Hingga saat ini, berbagai mitra industri maupun rumah sakit, telah bekerjasama serta menggunakan produk yang dihasilkan oleh ProTIK. Salah satu produk Sistem Manajemen Event Nasional dan Internasional telah dikembangkan serta dipergunakan oleh ribuan pengguna.

Mitra pengguna sistem ini antara lain Project Management institute (PMI) Indonesia Chapter dengan event besar level Internasional mereka yaitu Symex 2024 dan Project Management Challenge (PMC) 2024.

Selain itu, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Jawa Timur juga telah menggunakan sistem ini untuk event nasional dan internasional yaitu LOKREATIF.ORG.

Sistem Manajemen Event yang dikembangkan saat ini berangkat dari inisiatif-inisiatif kecil hasil pembelajaran yang terus dibina dan dikembangkan di bawah unit Inkubasi Bisnis, dan kemudian dikomersilkan oleh Pusat Bisnis melalui ProTIK.

Berbagai program serta produk yang ditawarkan di bawah Pusat bisnis, dikerjakan dan dikembangkan dengan melibatkan dosen serta mahasiswa sebagai laboratorium hidup (Living Lab) perguruan tinggi.

Melalui Living Lab, berbagai permasalahan serta kebutuhan yang ada, dibahas, diuji serta dipecahkan dalam berbagai ruang akademik, kemudian diinkubasi serta diproduksi untuk dapat dikomersialkan.

Siklus yang telah berjalan ini, memberi warna lain dalam proses belajar di STIKI serta memberikan manfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa yang terlibat dalam program maupun proyek di PPTIK maupun proTIK, juga diberikan intensif yang cukup menarik, sehingga mahasiswa dapat mempergunakannya untuk kebutuhan mereka selama studi di STIKI Malang.

Living Lab yang telah dikembangkan oleh STIKI Malang hingga saat ini, akan terus dikembangkan dan dikerjasamakan dengan berbagai pihak. Melalui konsep Living Lab ini, proses pembelajaran akan lebih interaktif dan banyak inovasi yang dihasilkan mahasiswa melalui kasus–kasus nyata yang ada.

Selain itu, hasil pembelajaran memiliki dampak dan dapat dipergunakan oleh masyarakat lebih luas melalui keterlibatan dosen dan mahasiswa.  

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada bidang teknologi, STIKI Malang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk bersama-sama bergabung mengembangkan kompetensi, dan kreativitas yang sesuai akan kebutuhan masa depan.

STIKI Malang memiliki komitmen untuk menyiapkan lulusan yang mampu dan siap berkompetisi di era globalisasi. STIKI Malang membuka penerimaan mahasiswa baru T.A. 2024/2025, daftar sekarang di pmb.stiki.ac.id (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES