Indonesia Positif

FKIP UNIPMA Sukses Gelar Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan dan Humaniora

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:30 | 7.93k
Dekan FKIP UNIPMA, Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.. membuka kegiatan SENASSDRA 2024. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)
Dekan FKIP UNIPMA, Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.. membuka kegiatan SENASSDRA 2024. (Foto: Humas UNIPMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UNIPMA Madiun (Universitas PGRI Madiun) menyelenggarakan Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 2024 pada Kamis (27/06) secara daring. Tema pada seminar nasional ini adalah “Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspektif Computational Thinking dan Artifical Intelligence”. 

Seminar nasional ini dihadiri oleh Rektor UNIPMA Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. untuk memberikan welcome speech, Wakil rektor bidang I, II, III, dan IV, Dekan FKIP UNIPMA, Dr. Sardulo Gembong, M.Pd., memberikan sambutan dan membuka kegiatan seminar, serta Ketua pelaksana kegiatan Dr. Asroful Kadafi, M.Pd. menyampaikan laporan kegiatan.

Kegiatan yang diikuti 277 peserta dan jumlah pemakalah 283 peserta tersebut dipandu oleh Dian Ratnaningtyas Afifah, M.Psi.,Psi. sebagai pembawa acara dan dimoderatori Dwi Rosita Sari, M.Pd. Ph.D. 

Dwi-Rosita-Sari.jpg

SENASSDRA 2024 menghadirkan tiga pembicara yaitu, Pembicara pertama Anindito Aditomo, S.Psi., M.Phil., Ph.D. - Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempresentasikan tentang “Pendidikan di Era Kecerdasan Buatan: Meletakkan Fondasi untuk Belajar Sepanjang Hayat melalui Merdeka Belajar”. Pembicara kedua, Prof. Dr. Achmad Buchori, S.Pd., M.Pd. Dosen MIPATI Universitas PGRI Semarang membahas tentang “Tantangan dan Peluang AI, AR dan VR dalam Revolusi Dunia Pendidikan” dan pembicara yang terakhir, Dr. Jeffry Handika, M.Pd., M.Si., Wakil Rektor Bidang IV: Kerjasama, Magang, Publikasi, Penjaminan Mutu dan Alumni Universitas PGRI Madiun, membahas tentang “Computational Thinking dalam Pembelajaran di Era Digital”.

Dekan FKIP UNIPMA Madiun, Dr. Sardulo Gembong, M.Pd. dalam sambutannya, mengatakan bahwa SENASSDRA ini merupakan kegiatan seminar rutin yang digelar oleh FKIP UNIPMA dengan tema yang relevan dengan perkembangan saat ini. 

“Saya berharap kepada bapak ibu seluruh peserta, hasil seminar ini dapat semakin memacu penelitian tentang isu-isu terkait Revolusi Digital Dunia Pendidikan saat ini. Selain itu, kami juga berharap kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya, dengan tema seminar ini semoga bisa diterapkan dalam menyusun risetnya,” tutupnya.

peserta.jpg

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan SENASSDRA 2024, Dr. Asroful Kadafi, M.Pd., mengatakan bahwa acara SENASSDRA 2024 ini bisa terwujud karena upaya banyak individu. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para anggota panitia yang telah berupaya keras menyelenggarakan acara. 

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada tiga pembicara utama yang diundang yang bersedia berbagi gagasan dan wawasan mereka. Seminar ini tidak akan mungkin terjadi tanpa makalah-makalah bagus yang dikirim oleh para penulis. Kami berterima kasih kepada semua penulis atas kontribusi dan partisipasinya dalam SENASSDRA,” kata Asroful.

Setelah pemaparan materi oleh ketiga pembicara, kegiatan dilanjutkan dengan sesi presentasi bagi pemakalah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES