Indonesia Positif

RSU Wajak Husada Malang Berikan Pendampingan Kesehatan pada Upacara Yadnya Kasada 2024

Senin, 01 Juli 2024 - 14:54 | 10.87k
Saat petugas medis RSU Wajak Husada memeriksa salah satu peserta Yadnya Kasada. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Saat petugas medis RSU Wajak Husada memeriksa salah satu peserta Yadnya Kasada. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Upacara Yadnya Kasada adalah salah satu momen sakral yang dimiliki oleh suku tengger di Jawa Timur, perayaannya yang dilakukan setahun sekali ini menjadi momentum yang dinanti bagi masyarakat tengger yang beragama Hindu.

Upacara Yadnya Kasada merupakan ritual adat yang diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

Suku Tengger pada upacara ini akan mempersembahkan hasil tani dan ternak kepada Sang Hyang Widhi dan para leluhur dengan cara dilarung di kawah Gunung Bromo. Masyarakat Suku Tengger membawa persembahan dengan berjalan dari kaki Gunung Bromo hingga menuju kawah Gunung Bromo.

Masyarakat Suku Tengger percaya dengan melarung hasil sesajen yang terdiri dari hasil tani dan ternak dapat menjaga keharmonisan dengan alam, Tuhan, dan para leluhur. Ini akan membawa berkah untuk alam semesta beserta isinya.

RSU Wajak Husada Malang sebagai salah satu layanan kesehatan yang letaknya berdekatan dengan bromo tengger semeru tidak melewatkan momentum berharga bagi sku tengger ini untuk berkontribusi dengan memberikan layanan kesehatan selama upacara Yadnya Kasada berjalan pada 21-22 juni 2024 yang lalu.

“Kegiatan pendampingan kesehatan pada momentum Yadnya Kasada ini sudah terlaksana sejak beberapa tahun yang lalu kami lakukan, sebagai wujud dari kontribusi kita kepada masyarakat,” ujar dr.Hj. Fitriya Fajar Wati, M.Kes Direktur RSU Wajak Husada saat diwawancara disela kesibukannya.

“Kami menerjunkan team medis terbaik kami termasuk satu unit ambulance yang kami standby-kan di jemplang Bromo untuk mengantisipasi jika terjadi kasus emergency,” lanjut Dokte Fitri. 

Lebih lanjut dr. Fitri juga menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan dan sosial seperti ini memang menjadi program rutin dari RSU Wajak Husada Malang, sebagai wujud dari kepedulian dan dedikasi RS Wajak Husada ditengah masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES